Kompas.com - 21/03/2017, 17:17 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Osaka, KompasOtomotif – Honda Racing Corporation (HRC) memperkenalkan CBR250RR yang akan mengemban tugas baru sebagai motor balap. Mereka memberi label Race Base Version (RBS), dan sudah dipajang dalam ajang Osaka Motorcycle Show, 18-20 Maret 2017.

HRC menyadari bahwa CBR250RR lahir dengan darah balap yang kental. Berbagai teknologi dari MotoGP disematkan pada motor sport bermesin 250 cc 2-silinder itu. Wajar jika angan-angan membawanya ke lintasan mulai mencuat.

Dari tampangnya, CBR250RR RBS sudah ”racing banget”. Tidak ada lagi lampu utama, lampu sein, kaca spion, bahkan jok bagian belakang digantikan buritan khas yang disebut single seater. Knalpot lubang ganda diganti lebih simpel. Ubahan-ubahan itu mereduksi bobot yang cukup signifikan.

Livery menggunakan warna khas HRC, kombinasi antara putih dengan aksen merah dan biru. Berbagai aksesori balap juga tampak muncul di sana, termasuk pijakan kaki dan ban yang menggunakan spesifikasi khusus.

Anehnya, suspensi masih menggunakan versi standar produksi massal (non adjustable-upside down) di depan. Tapi tentu saja, ini hanya konsep, yang sudah pasti jika nanti diwujudkan, bakal banyak perubahan.

HRC menyatakan bahwa mesin standar, cuma ada setelan ulang pada ECU yang membuat kecepatan maksimal (top speed) tak dikekang oleh pembatas (speed limiter). Konon, kecepatan maksimal motor ini bisa menyentuk 180 kpj!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.