Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan Ketua AISI yang Baru

Kompas.com - 20/03/2017, 11:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Johannes Loman resmi didapuk sebagai ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), menggantikan Gunadi Sindhuwinata mulai 2017. Tantangan ke depan cukup terjal buat ketua baru, terutama dilihat kapasitasnya untuk menjaga pertumbuhan pasar sepeda motor Nasional.

Ditemui dalam peluncuran moge baru Honda, (17/3/2017), Loman yang juga masih menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Eksekutif PT Astra Honda Motor (AHM) itu melihat bahwa industri sepeda motor sangat penting untuk perekonomian.

Hal tersebut dikatikan dengan rantai bisnis mulai dari pemasok komponen atau vendor, perusahaan pembiayaan, termasuk truk ekspedisi dan bengkel-bengkel di jalan. Pengaruh industri sepeda motor buat mereka-mereka ini sangat besar.

”Jadi, sebagai (Ketua) AISI, saya berusaha untuk selalu membuat bagaimana anggota tumbuh secara sustainable. Penting untuk member selalu kreatif (soal produk), memberikan pelayanan, menjaga pertumbuhan, dan tetap menyediakan lapangan pekerjaan,” ucap Loman.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif (Kiri) Johannes Loman, ketua AISI baru bersama para Direksi Astra Honda Motor berpose dengan Honda CB500X

Tantangan
Loman melihat bahwa tantangan saat ini dengan total pasar sepeda motor beberapa tahun yang terus merosot, bahwa industri harus makin kreatif demi menjaga pasar. Sementara, harapan lainnya, pertumbuhan ekonomi lebih baik dan akan meningkatkan penjualan.

”Saya kira secara khusus tidak ada strategi dan para anggota berbeda-beda (strateginya). Jadi kita tak bisa menyamakan. Kami berkompetisi juga di segmen yang berbeda-beda, jadi yang pasti kita harus menciptakan suatu industri yang sehat,” ujar Loman.

Target
Bagaimana dengan target? Soal ini, Loman menyatakan bahwa harus dilihat kondisi ekonomi yang ada. Saat ini dikatakannya kelihatan belum banyak mengalami perubahan, kendari harga komoditi sudah bergerak naik.

”Harapannya sih (pasar) minimal sama dengan tahun lalu, yaitu 5,9 sampai 6 juta unit. Tahun lalu 5,0 juta unit, jadi tahun ini flat,” kata Loman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com