Versi Produksi Skuter Listrik Gesit, Hadir Tahun Ini!

Kompas.com - 20/03/2017, 07:02 WIB
Kondisi Gesits di hari ketiga, dari total enam hari pengujian dari Jakarta menuju Bali. IstimewaKondisi Gesits di hari ketiga, dari total enam hari pengujian dari Jakarta menuju Bali.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Selain mempersiapkan beberapa aspek pendukung proses produksi skuter listrik Gesits, mulai dari pemasok hingga fasilitas pabrik, Garansindo bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), juga masih fokus untuk menyempurnakan produk Gesits.

Terakhir kali diuji, Gesits digeber Jakarta-Bali dengan jarak tempuh mencapai 1.200 kilometer, mulai dari dari 7-12 November 2016. Seluruh data yang dikumpulkan dari hasil pengujian tersebut, bakal digunakan untuk menyelesaikan versi produksi Gesits.

“Uji coba kemarin adalah dalam rangka proses validasi desain. Hasilnya ada beberapa minor revisi desain yang kami terapkan, pada versi updated Gesit untuk produksi massal nantinya,” ujar Muhammad Nur, Kepala Proyek Gesits kepada KompasOtomotif, Minggu (19/3/2017).

Nur melanjutkan, kalau pihaknya akan mengejar target untuk bisa melakukan uji tipe dan uji fungsi, setelah versi final produksi massal diselesaikan. Tahapan ini dilakukan sembari mempersiapkan supply chain dan pabriknya.

“Garansindo menginginkan versi produksi massal siap di akhir tahun ini. Untuk itu uji tipe dan fungsi harus bisa kami selesaikan sekitar Agustus dan September 2017 ini,” tutur Nur.

Pihak Garansindo sebelumnya sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Perusahaan Listrik Nasional dan Telkom sebagai bentuk dukungan untuk Gesits. Selain itu, kerjasama juga dilakukan bersama Universitas Negeri Sebelas Maret (USM), yang akan membantu pengembangan baterai lithium, dan Universitas Gajah Mada (UGM) yang mengurus daur ulang baterai.

Skuter Gesits dengan satu motor listrik terisi baterai penuh, bisa menempuh perjalanan sampai 80–100 km. Ada dua pilihan besar tenaga yang tersedia, yakni 3 KW dan 5 KW.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.