Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Versi Produksi Skuter Listrik Gesit, Hadir Tahun Ini!

Kompas.com - 20/03/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain mempersiapkan beberapa aspek pendukung proses produksi skuter listrik Gesits, mulai dari pemasok hingga fasilitas pabrik, Garansindo bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), juga masih fokus untuk menyempurnakan produk Gesits.

Terakhir kali diuji, Gesits digeber Jakarta-Bali dengan jarak tempuh mencapai 1.200 kilometer, mulai dari dari 7-12 November 2016. Seluruh data yang dikumpulkan dari hasil pengujian tersebut, bakal digunakan untuk menyelesaikan versi produksi Gesits.

“Uji coba kemarin adalah dalam rangka proses validasi desain. Hasilnya ada beberapa minor revisi desain yang kami terapkan, pada versi updated Gesit untuk produksi massal nantinya,” ujar Muhammad Nur, Kepala Proyek Gesits kepada KompasOtomotif, Minggu (19/3/2017).

Nur melanjutkan, kalau pihaknya akan mengejar target untuk bisa melakukan uji tipe dan uji fungsi, setelah versi final produksi massal diselesaikan. Tahapan ini dilakukan sembari mempersiapkan supply chain dan pabriknya.

“Garansindo menginginkan versi produksi massal siap di akhir tahun ini. Untuk itu uji tipe dan fungsi harus bisa kami selesaikan sekitar Agustus dan September 2017 ini,” tutur Nur.

Pihak Garansindo sebelumnya sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Perusahaan Listrik Nasional dan Telkom sebagai bentuk dukungan untuk Gesits. Selain itu, kerjasama juga dilakukan bersama Universitas Negeri Sebelas Maret (USM), yang akan membantu pengembangan baterai lithium, dan Universitas Gajah Mada (UGM) yang mengurus daur ulang baterai.

Skuter Gesits dengan satu motor listrik terisi baterai penuh, bisa menempuh perjalanan sampai 80–100 km. Ada dua pilihan besar tenaga yang tersedia, yakni 3 KW dan 5 KW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com