Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Jalin Kemitraan dengan Federal Oil

Kompas.com - 19/03/2017, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Federal Karyatama (FKT) memiliki jaringan yang cukup luas dalam memasarkan produknya. Secara keseluruhan, jumlah mitra yang tergabung dalam Super Federal Oil Center (SFOC) dan Federal Oil Center (FOC) saat ini sudah mencapai angka 3.000 outlet di Indonesia.

Bagi yang tertarik untuk bergabung menjadi mitra Federal Oil, ada syarat yang harus dipenuhi. Kriterianya akan menjadi bahan pertimbangan untuk nantinya masuk dalam kategori FOC atau SFOC.

"Paling utama soal lokasi, lalu unit entry atau motor yang melakukan servis tiap hari, penampilan toko dari eksterior sampai interior, mekanik, dan pengambilan oli ke distributor," ucap Retail Branding Head Federal Oil Monik kepada wartawan di Denpasar, Rabu (15/3/2017).

Untuk mekanik, lanjut Monika, harus wajib memiliki sertifikat dari Federal Oil. Selain dari akademi mekanik yang saat ini kita sedang jalankan, ada pelatihan lain yang bisanya sudah kita kasih, ini wajib diikuti.

"Tingkat awal biasanya FOC, untuk naik jadi SFOC harus melalui beberapa tahapan. Selain dari fasilitas bengkel yang cukup lengkap, jumlah pengambilan pelumas ke distributor juga menentukan. Jadi servis makin ramai, pelumas Federal banyak yang pakai baru kita pertimbangkan," papar Monika.

Stanly/Otomania Mekanik Federal di Denpasar, Bali.

Tidak hanya sekadar menjual, FKT juga memberikan benefit bagi jaringan bengkelnya. Untuk tingkat FOC mendapat free branding senilai Rp 1 juta, sedangkan SFOC Rp 2 juta.

"Reward-nya cukup banyak, ada tool injector cleaner untuk servis motor-motor injeksi. Itu kita lengkapi di tiap cabang, lalu branding outlet jutaan rupiah, ada plant tour per enam bulan, gathering outlet, dan lainnya," kata Monik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com