Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM Suzuki Ignis Saingi Mobil Murah

Kompas.com - 18/03/2017, 14:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Model baru Suzuki Ignis yang bakal dipasarkan di Tanah Air, ternyata sudah melalui serangkaian uji coba, mulai dari laboratorium sampai di jalan umum. Karena itu, model ini sudah siap untuk dipinang konsumen domestik Indonesia.

Berbagai pemberitaan mengenai Suzuki Ignis sudah mewarnai di dunia maya, yang tentu bakal mengundang rasa penasaran. Kali ini, informasi lainnya mengenai konsumsi bahan bakar Ignis, yang angkanya menyaingi mobil berstatus low cost green car (LCGC/mobil murah). Semua produk LCGC yang dipasarkan wajib memenuhi standar konsumsi 20 kpl.

Berstatus sebagai mobil impor yang didatangkan completely built up (CBU/utuh) dari India, dengan satu liter bahan bakar minyak (BBM), Ignis diklaim sanggup menempuh jarak sampai 20 kilometer, seperti yang dikatakan salah satu tenaga penjual di Jakarta Selatan.

Aditya Maulana - Otomania Suzuki Ignis yang akan meluncur bulan depan

Bahkan,  tenaga penjual Suzuki, menyebut konsumsi bahan bakarnya bisa sampai 24 kpl. “Angka ini melalui pengujian statis saja (tidak di jalan umum), yang dilakukan di daerah Serpong, Tangerang Selatan,” katanya kepada KompasOtomotif, Sabtu (18/3/2017).

Ignis yang dipasarkan di Indonesia, bakal menggendong mesin 1.2L, yang di atas kertas bisa menyemburkan tenaga sampai 83 tk dan torsi 113 Nm. Model ini akan menantang Nissan March, Mitsubishi Mirage, Honda Brio, dan Toyota Etios Valco.

Kembali ke konsumsi bahan bakar, di mana dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 33 tahun 2013, mobil berstatus low cost green car (LCGC) yang bisa mendapat keringanan pajak atau hal lainnya dari pemerintah, harus memiliki efisiensi bahan bakar minimal 20 kpl.

Namun, tenaga penjual menolak jika Ignis dianggap satu kasta dengan mobil-mobil LCGC, seperti Ayla, Agya, Brio Satya, Datsun GO, GO+, dan Karimun.

"Selain urusan konsumen BBM, mobil ini memiliki kelengkapan lain, seperti dual airbag, dan sistem pengereman dengan ABS, EBD, serta Brake Assist," ujar tenaga penjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com