Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menarik, Ada Satuan ”Tenaga Unta” buat Kendaraan Gurun

Kompas.com - 15/03/2017, 18:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Nissan

Dubai, KompasOtomotif – Jika Anda hanya mengenal ”tenaga kuda” (tk/ hp/ dk) untuk mengukur kekuatan kendaraan, mulailah buka telinga. Kini ada formula baru untuk mencari indeks kinerja kendaraan di padang pasir, diciptakan Nissan, dan disebut Camel Power atau ”tenaga unta” (cp).

Inilah konsep baru yang radikal, diumumkan Nissan Timur Tengah, dan akan merevolusi cara evaluasi kinerja kendaraan di gurun. CP adalah formula yang diyakini dapat mengukur performa kendaraan di padang gurun yang memiliki kondisi off-road khas secara lebih akurat.

Nissan berupaya memberi solusi atas beragam diskusi mengenai bagaimana cara mengukur kemampuan off-road dari SUV di pasar yang spesifik, seperti di kawasan Teluk. Tenaga kuda saja tidak cukup untuk mengartikan kendaraan bisa tampil mumpuni di kondisi padang yang berpasir.

Seperti halnya tenaga kuda, Camel Power-pun dapat diperhitungkan secara ilmiah, sehingga memunculkan harapan akan metode pengukuran lebih tepat bagi kendaraan yang berjibaku di padang gurun.

Insinyur dari Unit Camel Power, Joseph Rachid El Hachem, mengatakan bahwa selama dua tahun terakhir, tim telah meneliti berbagai unsur yang membuat kendaraan seperti Nissan Patrol cocok dikendarai di padang pasir.

Para insinyur itu, menurut El Hachem, menemukan bahwa pada dasarnya terjadi kondisi saling mempengaruhi antara berat kendaraan, kecepatannya ke arah tertentu, dan lintasan yang dilaluinya saat bergerak. Faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi termasuk manuver, torsi mesin, dan tentu saja keterampilan mengemudi.

”Jika kita membakukan kecepatan dan lintasan kendaraan dalam lingkungan tertentu, kita bisa mengukur seberapa cepat kendaraan bergerak pada jarak tertentu dan memasukkan faktor beban kendaraan, dan di situlah kita menemukan Camel Power,” kata El Hachem.

Tim insinyur Nissan bekerjasama dengan ilmuwan metrologi untuk mendapatkan definisi pengukuran yang sahih dalam mengukur daya, sehingga Camel Power (CP) nantinya menjadi satuan yang bisa digeneralisasi. Proses ini membutuhkan waktu, tenaga, inspirasi, dan sumber daya yang tidak sedikit dari kalangan jenius di bidang matematika.

Formula perhitungan Camel Power akhirnya diterjemahkan sebagai berikut: Camel Power (CP) = velocity (kecepatan benda ke arah tertentu) x weight (berat benda) x sin (trajectory) (lintasan benda yang bergerak dengan tenaga).

Camel Power rencananya akan digunakan di gerai dan material promosi untuk menjelaskan kemampuan berbagai model SUV Nissan di Timur Tengah.

Buat yang penasaran detail penjelasannya, simak video resmi Nissan dalam tayangan 11 menitan berikut ini:


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Nissan


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com