Kompas.com - 14/03/2017, 13:22 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - BMW Motorrad Indonesia siap meluncurkan deretan motor besarnya (moge) sepanjang 2017. Tapi selain itu, masih satu model lain yang cukup dinanti kehadirannya, yakni G310GS.

Sepeda motor blasteran Jerman dan India ini akan menjadi line-up termurah BMW. Sayangnya, hingga saat ini motor tersebut belum juga hadir, padahal kabarnya sudah tersebar sejak akhir 2016 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia Joe Frans, menjelaskan bahwa ada kendala dalam hal produksi yang membuat G310 sampai saat ini belum masuk Indonesia.

"G310GS itu kan dirakit di pabrik orang lain, artinya bukan pabrikan BMW sendiri. Tebakkan saya mereka agak rumit assembly dan memproduksi di pabrik orang lain. Bukan hanya Indonesia, seluruh dunia juga belum ada," ucap Joe kepada wartawan di Jakarta, (13/3/2017).

Tapi saat ditanya mengenai kepastiannya, Joe mengatakan motor hasil kerja sama dengan TVS ini akan tetap dipasarkan dengan brand BMW. Tidak akan menggunakan nama atau brand lain.

autopromag.com BMW G310 GS

"Semua logonya itu kan BMW, jadi tidak mungkin dijual pabrikan lain. Hanya assembly saja yang bukan di pabrik kita, tapi secara komponen semua tetap dari Jerman. Contohnya seperti BMW Seri 3, itu di assembly di mana saja, seperti Thailand dan Indonesia, tapi tetap dijual dengan brand BMW dan tetap made in Jerman," papar Joe.

BMW G310GS dikembangkan bersama salah satu motor sport TVS, yakni Akula 310 di pabrik Bengaluru, India. Menggunakan mesin silinder tunggal berkapasitas 313 cc yang dikolaborasikan dengan transmisi enam percepatan manual, G310 GS diklaim akan memiliki harga yang lebih murah dari model-model BMW lainnya.

"Tetap di bawah Rp 200 juta, tapi untuk pastinya belum tahu. Ditunggu saat launching nanti yah," kata Joe.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.