Toyota Belum “Pede” Kuasai Pasar Nasional

Kompas.com - 10/03/2017, 08:02 WIB
Kinerja mesin cukup bisa diandalkan untuk melibas tanjakan Nagreg, Garut, Jawa Barat. TAMKinerja mesin cukup bisa diandalkan untuk melibas tanjakan Nagreg, Garut, Jawa Barat.
|
EditorAgung Kurniawan

Demak, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil menguasai pasar mobil 2016 dengan cakupan pangsa 36,1 persen. Hasil ini jauh lebih baik jika dibandingkan periode sebelumnya (2015), yakni 31,8 persen. Namun, memandang pasar 2017 dan untuk lima tahun ke depan, TAM belum berani berharap lebih.

Bahkan, dengan hadirnya andalan baru di segmen mobil multi purpose vehicle (MPV) dengan harga murah, Calya, tidak lantas membuat Toyota percaya diri menargetkan penguasaan pasarnya tumbuh lagi.

Henry Tanoto, Vice President Director TAM mengatakan, kalau pihaknya masih mematok target market share di angka minimal 35-36 persen, dan masih ragu bisa tembus mencapai 40 persen, walaupun ditopang dengan Calya, yang bisa mengawal kinerja satu tahun penuh.

Baca juga : Belum Genap Setahun, Toyota Calya Kuasai Pasar 2016

“Target kami inginnya 35 persen market share, untuk penjualan retail kami. Sampai sekarang sih kami belum ada rencana mengubah target (menjadi lebih tinggi). Kalau kami bisa mencapai itu tentu bersyukur (40 persen), tapi kalau kami masih sesuai target awal,” ujar Henry, Rabu (8/3/2017).

“Menurut kami, kalau Toyota masih terus bisa maintain pangsa pasar di atas 35 persen saja sih sudah baik, karena kondisi market akan dinamis,” tutur Henry.

Henry sebelumnya mengakui, kalau model mobil LCGC (Calya dan Sigra) bisa menjadi tulang punggung penjualan di 2017. Performa penjualannya di bulan Januari, disebut Henry, bisa menyamai Avanza, dan di Februari bahkan sanggup lebih unggul sedikit.

“Keduanya (LMPV dan LCGC) bisa jadi akan menopang bisnis kami di 2017 ini,” ujar Henry.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X