Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluncur, Honda Civic Type R Langsung ”Hot”

Kompas.com - 08/03/2017, 07:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Jenewa, KompasOtomotif – Salah satu jagoan Jepang yang paling ditunggu di antara deretan mobil-mobil Eropa di Geneva Motor Show 2017 adalah Honda Civic Type R. Hot hatch itu langsung jadi pusat perhatian saat dilansir di lantai salah satu pameran terbesar Benua Biru, (7/3/2017).

Antusiasme itu makin tinggi, mengingat model sebelumnya yang meluncur dua tahun lalu hanya berusia pendek, karena cuma berperan sebagai ”pemain sementara”.

Civic Type R baru ini dibekali mesin 2.000 cc turbo, sama dengan generasi kesepuluh Civic standar. Tapi Honda menyetel ulang hingga tenaganya membuncah sampai 316 tk dengan torsi puncak hampir 400 Nm atau tepatnya 399,9 Nm!

carscoops Buritan makin gahar dengan tiga lubang knalpot di tengah.
Buangan tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-percepatan. Ada mode pengendaraan baru untuk menyesuaikan predam kejut, kekakuan setir, feeling memindah gigi, sampai respons atau tarikan gas. Kalau mau santai, ada setelan Comfort. Ingin ngebut, manfaatkan mode Sport or +R.

Tentu saja, banyak bekal lain yang diembannya di berbagai area, termasuk peningkatan rigiditas sampai 38 persen. Suspensi di-retune untuk meminimalisasi efek torsi pada setir, sekaligus memaksimalkan pengendalian yang sporty. Depan pakai MacPherson strut, belakang independent multi-link system.

carscoops Nuansa interior tampak aura gahar.
Secara visual, model baru menerima berbagai body kit yang meningkatakn aerodinamika. Tidak terlalu ekstrem, tapi tetap lebih sporty jika dibandingkan dengan model standar. Air scoop terpasang pada kap mesin, sedangkan bemper belakang dibuat lebih lebar lengkap dengan sayap serta tiga pipa knalpot.

Bagian terbaiknya, Honda Civic Type R akan menjadi produk global, yang berarti jika PT Honda Prospect Motor (HPM) mau, bisa saja model ini dibawa dan dijual ke Indonesia.

Produksi akan dimulai musim panas tahun ini di pabrik Honda, Swindon, Inggris. Fasilitas ini sekaligus dijadikan basis produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar di Eropa, Amerika Serikat, juga Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com