Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Versys-X 250, Cocok untuk ”Touring” Santai

Kompas.com - 06/03/2017, 17:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Harus diakui, kelebihan Kawasaki Versys-X 250 adalah posturnya yang ”ramah” untuk pengendara dengan tinggi badan rata-rata orang Indonesia. Tak terlalu tinggi, juga sangat ringan untuk diajak bermanuver.

Selanjutnya, buat yang butuh sepeda motor adventure dengan torsi dan akselerasi dahsyat, model ini tergolong cukup. Tidak kurang, juga tidak lebih. Kendati mesinnya sama dengan Ninja 250, tapi karakternya dibikin beda.

Motor ini baru menyalak kuat saat jarum takometer menunjukkan angka 3.500 rpm sampai 8.000 rpm. Jangan geber di bawah angka itu, karena harus bakal sulit untuk mendapatkan tenaga yang diinginkan.

Dibuat nanjak, adakalanya pengendara harus pandai mencari putaran mesin yang pas agar sensasi tenaganya makin terasa. Puncak performa memang disetel untuk putaran bawah-menengah, mengimbangi karakter motor adventure.

Buat berkendara santai saja motor ini cukup cocok. Tapi ketika butuh akselerasi mendadak, pengendara harus ”mengurut” untuk mendapatkan performa maksimal.

Untungnya, ada sisi fun to ride di motor ini. Kawasaki membenamkan assist & slipper clutch. Handel kopling pada tangan kiri sangat ringan ditarik. Mau memindah gigi turun juga tak khawatir ban selip karena back torque.

Istimewa Test dire Kawasaki Versys-X 250 di Bromo.
Suspensi
Satu hal lagi yang bikin motor ini punya nilai lebih. Suspensi depan teleskopik 41 mm dan monosok di bekakang buat KompasOtomotif mahir meredam getaran. Beberapa kali lubang sengaja diterabas, namun motor ini masih tergolong nyaman.

Tapi ketika diajak melintasi jalanan pasir yang penuh gelombang di lautan pasir Bromo, di sinilah karakter keras suspensi belakang mulai terasa. Tapi ini bukan kekurangan, karena komponen peredam kejut itu bisa disetel sesuai selera dan penggunaan.

Asyik juga saat KompasOtomotif harus melaju kencang lalu melewati gundukan pasir. Setengah terbang, tapi ketika landing, Versys-X 250 terasa tidak liar. Buat harga Rp 70 jutaan, sepeda motor adventure ini bisa dijadikan alternatif penyuka touring dan petualang ringan yang ingin jalan lebih santai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com