Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajari Langkah Tepat Ketika Mobil Kena Banjir

Kompas.com - 03/03/2017, 09:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifBanjir besar yang terjadi di Ibu Kota beberapa waktu lalu cukup banyak membawa korban. Dari otomotif, banyak mobil kebanjiran, memaksa banyak pemilik membawa kendaraannya ”opname”. Banyak langkah yang harus dilakukan agar mobil kembali seperti semula.

Baca: Awas, Banyak Mobil Kebanjiran ?Gentayangan?

Manajer Mekanik misterbrum.id, Rusdi Sopandi, mengatakan bahwa perhatian tak semestinya terpusat pada bagian interior yang kebanjiran. ”Ada langkah-langkah yang krusial, termasuk pengecekan mesin terlebih dahulu,” kata Rusdi, (2/3/2017).

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:
1. Ganti cairan mobil. Paling penting adalah oli mesin. Bila perlu kuras dan ganti filter olinya. Oli transmisi juga termasuk dalam daftar cairan yang wajib ganti. Selebihnya, ada minyak rem, power steering, kopling, radiator, accu, dan bersihkan bagian-bagian mesin yang kena lumpur.
2. Ganti komponen yang tak bisa lagi dipakai. Cek bearing-bearing. Ini bisa ketahuan ”kena” atau tidak ketika mesin berbunyi kasar saat menyala. Untuk kabel wiring harnes, lakukan pengecekan lebih teliti. ”Biasanya akan timbul ’short’ antar wiring kabel bila banyak air di dalamnya,” kata Rusdi.
3. Cek ECU dan main relay. Lakukan pemeriksaan satu per satu. Bila rusak, harus diganti, atau jika memang masih bisa ditangani, cukup diperbaiki.
4. Cek sistem AC. Bersihkan dan bongkar total sistem sirkulasi AC. Bisa jadi komponen ini kena dampak air banjir. Bersihkan dari kotoran dan lumpur.
5. Rem. Cek dan bersihkan peranti rem di keempat roda. Biasanya akan timbul karat dan macet.
6. Interior. Bagian ini perlu penanganan khusus. Angkat karpet dasar, bersihkan. Bila sudah terlalu parah, ganti dengan yang baru untuk menghindari bau. Kemudian, peredam busa di bawah karpet juga harus diganti, karena biasanya komponen ini hancur dan kotor.
7. Bersihkan bagian interior dengan pembersih interior. Cuci tanpa ada bau yang tak sedap dan warna yang pudar. Cuci bangku dan jok, serta bersihkan semuanya. Terlebih dahulu, pastikan tidak ada aliran listrik dari accu.
8. Bersihkan semua bodi dan kaca dalam serta luar.

”Biasanya kalau semua hal tersebut dilakukan, mobil akan kembali nyaman. Bahkan bisa juga orang awam tidak akan tahu bahwa mobil tersebut pernah kena banjir,” ujar Rusdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com