Aksi Polwan Cantik dari Gresik Beraksi dengan Moge

Kompas.com - 01/03/2017, 11:46 WIB
Para polwan cantik saat hendak memulai atraksinya di alun-alun Kabupaten Gresik, Sabtu (25/2/2017). HamzahPara polwan cantik saat hendak memulai atraksinya di alun-alun Kabupaten Gresik, Sabtu (25/2/2017).
|
EditorAgung Kurniawan


Gresik, KompasOtomotif -
Mengendarai motor gede ( moge), beberapa polisi wanita ( polwan) dari Polres Gresik melakukan atraksi dan berhasil memukau para penonton di sela-sela acara gowes bareng jajaran Polres Gresik dan Mojokerto, yang mengambil finish di pendopo alun-alun Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (25/2/2017).

Mereka beraksi dengan menggunakan motor Yamaha XJ900P dan Kawasaki KLX 250 cc, yang lazim digunakan para polisi pria saat bertugas. Dengan cekatan, para polwan tersebut berhasil menunjukkan aksi safety riding, hingga berboncengan dengan boncenger (polwan yang dibonceng) berdiri sambil memberikan penghormatan di atas Yamaha XJ900P, yang memiliki bobot sekitar 900 kilogram.

“Ini pengalaman pertama bagi saya, yang sebelumnya memang belum pernah mengendarai sepeda motor laki. Ini juga baru belajar tiga hari lalu, dan Alhamdulillah bisa menunjukkan kemampuan dihadapan bapak-bapak Kapolres,” ucap salah satu polwan penunggang Yamaha XJ900P, Bripda Nanda Putri Nofita (21), Sabtu (25/2/2017).

Hamzah Polwan Gresik saat menunjukkan atraksi, dengan boncenger memberikan salam penghormatan berdiri di atas motor.

Terjatuh
Walhasil, aksi yang dilakukan pun tidak sepenuhnya berjalan mulus. Karena di tengah-tengah aksi atraksi tersebut, beberapa polwan juga terlihat sempat tidak mampu menguasai moge tersebut dan sempat membuat motor jatuh.

“Cukup berat bodinya nggak seperti motor matic, jauh lebih berat. Tapi sebagai yang ditunjuk, saya tetap mencoba melakukan yang terbaik dihadapan senior-senior. Dan kalau memang nantinya dipercaya untuk terus (bertugas dengan Yamaha XJ900P), saya sudah siap,” tutur anggota Satlantas Polres Gresik di bagian Dikyasa tersebut.

Namun secara keseluruhan, aksi Nanda di atas motor dengan kapasitas mesin 900 cc, dengan 4 silinder, DOHC, dan 8 klep tersebut terlihat cukup piawai. Lantaran ia terlihat cukup nyaman dalam mengendalikan setir motor yang memiliki 90 hp, dengan tangki dapat menampung bahan bakar sampai 24 liter tersebut.

Berbeda dengan Nanda, Bripda Ayu Elisyah (21) yang dipercaya mengendarai Kawasaki KLX 250 cc mengaku, sudah terbiasa dan tidak lagi kaget saat ditunjuk untuk tampil dihadapan para tamu undangan dalam agenda tersebut.

“Meski hanya latihan tiga hari, tapi saya sudah biasa pakai KLX. Karena setiap Hari Jumat, saya juga biasa patroli dengan tim pakai KLX 125 cc. Terus saat masih SMA, saya juga biasa pakai motor Yamaha Vixion, jadi sudah biasa dan tinggal menyesuaikan saja,” ucap Ayu yang berasal dari Sabhara Polres Gresik.

Hamzah Para polwan cantik saat hendak memulai atraksinya di alun-alun Kabupaten Gresik, Sabtu (25/2/2017).

Berbeda seperti Yamaha XJ900P, Kawasaki KLX 250 cc memang jauh lebih ringan lantaran memiliki berat hanya 138 kilogram. Namun memiliki kontur yang lebih tinggi, dengan panjang motor 2,2 meter, lebar 820 milimeter, dan tinggi mencapai 1,19 meter dengan jarak ke tanah 285 milimeter.

Melihat kecekatan yang dimiliki para polwan tersebut, baik Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito maupun Kasatlantas Polres Gresik AKP Anggi Saputra berkeinginan, akan terus memberikan kesempatan bagi mereka.

“Ya mungkin nantinya akan kami pelihara terus, tidak sekedar saat acara saja. Bisa saja mereka akan kami instruksikan untuk memberikan contoh pada saat agenda safety riding atau pada saat tes pengurusan SIM,” tutur Anggi yang disepakati oleh Boro.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X