Gaikindo Punya Kewajiban Publikasi Data Mobil?

Kompas.com - 01/03/2017, 08:02 WIB
Suasana pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2016). GIIAS 2016 akan berlangsung hingga 21 Agustus 2016. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2016). GIIAS 2016 akan berlangsung hingga 21 Agustus 2016.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Data penjualan wholesales mobil dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) periode Januari 2017, belum kunjung dipublikasi. Namun saat dikonfirmasi pihak Gaikindo, mengatakan data tersebut sedang dalam proses pengolahan.

Keterlambatan publikasi ini, kabarnya karena adanya kekhawatiran akan imbas dari kasus yang menimpa Astra Honda Motor (AHM) dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang dinyatakan bersalah melakukan penetapan harga oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Pertanyaannya, apakah ada kewajiban Gaikindo untuk menginformasikan data tersebut ke publik?

Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo mengatakan, kalau kewajiban sebenarnya untuk  menyerahkan tersebut kepada pihak pemerintah, bukan publik. Terlepas dari itu, Gaikindo juga mencantumkan data tersebut di website resminya.

“Surat dari pemerintah sudah ada, yang mewajibkan memberikan data itu ke pemerintah, dan kami juga tidak merahasiakan itu, dengan juga mencantumkannya di situs resmi Gaikindo,” ujar Kukuh kepada KompasOtomotif, Selasa (28/2/2017).

Kukuh menambahkan, terkait dengan kewajiban untuk mempublikasikan ke publik tidak ada. “Namun kami merasa wajar kalau jika publik mengetahuinya dan itu akan lebih baik, jadi sudah kita lakukan itu (olah datanya),” ujar Kukuh.

Ketika ditanyakan kepada pihak KPPU, sampai saat ini sambungan telepon dan pesan KompasOtomotoif belum mendapat respons lebih lanjut. 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X