Denda Rp 25 Miliar buat Yamaha Indonesia Dipertanyakan

Kompas.com - 21/02/2017, 07:22 WIB
Sidang pembacaan putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Jakarta, Senin (20/2/2017). Ya,aha dan Honda telah terbukti sah menurut majelis komisi melakukan ketetapan harga skutik 110cc dan 125cc. Febri Ardani/KompasOtomotif Sidang pembacaan putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Jakarta, Senin (20/2/2017). Ya,aha dan Honda telah terbukti sah menurut majelis komisi melakukan ketetapan harga skutik 110cc dan 125cc.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Kuasa hukum Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mempertanyakan bentuk hukuman administratif yang diberikan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) buat kliennya.

Dalam sidang pembacaan putusan di Jakarta, Senin (20/2/2017), Majelis Komisi mendenda YIMM sebesar Rp 25 miliar karena terbukti melakukan penetapan harga skutik 110 cc dan 125 cc dengan Astra Honda Motor.

Denda Rp 25 miliar buat YIMM sudah termasuk denda tambahan 50 persen dari besaran proporsi denda. Dijelaskan, tambahan denda itu diberikan karena YIMM dikatakan menyajikan data manipulatif selama proses sidang sebelumnya.

Denda buat YIMM merupakan angka maksimum menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat pada pasal 47. Denda minimal Rp 1 miliar dan tertinggi Rp 25 miliar.

“Besaran denda, ya itu gutak-gatuk. Denda kan maksimal Rp 25 miliar, terus seolah-olah kami punya pangsa pasar berapa terus ditambah 50 persen. Nah, itu balik lagi, precedent. Belum pernah rasanya ada seperti ini. Seolah-seolah sebelumnya itu Rp 17,5 miliar. Justifikasinya di mana?” kata kuasa hukum YIMM, Rikrik Rizkiyana, usai sidang.

Menurut Rikrik, hampir pasti pihaknya bakal melanjutkan langkah hukum keberatan ke Pengadilan Negeri. Dia mengatakan masih ada kejanggalan yang terjadi terkait putusan Majelis Komisi. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.