Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Rahasiakan Siasat Pengganti ”Winglet” MotoGP

Kompas.com - 20/02/2017, 12:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ketika Yamaha, disusul Aprilia dan Suzuki menunjukkan fairing baru menyiasati dilarangnya winglet pada MotoGP mulai musim 2017, Ducati, si penggagas digunakannya peranti aerodinamika itu, justru tak tampak ada siasat baru.

Hingga tes resmi kedua di Phillip Island, minggu lalu, tak tampak tim Ducati MotoGP pakai fairing baru atau paling tidak, ada desain baru pada fairing sebagai pengganti winglet.

KompasOtomotif pun menanyakan langsung kepada CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali, saat berkunjung ke Ducati Flagship Store di Kemang, Jakarta, Jumat (17/2/2017). ”Apakah Anda menganggap kami pakai fairing baru? Kami tidak punya winglet saat ini,” ujar Domenicali.

Dia lantas memperagakan soal pengendaraan, bahwa Ducati meminta rider mengakalinya dengan riding lebih mendongak. ”Hahaha, tapi ini bercanda. Mana mungkin berkendara 350 kpj dengan posisi itu, kamu akan terbang,” kata Domenicali yang mulai mengeluarkan selera humornya yang tinggi.

Artinya, bahwa Ducati untuk saat ini tidak pakai winglet, dan tak tampak menggantikan posisinya dengan fairing baru. Produsen motor asal Italia itu dalam dua tes resmi tampak menggunakan fairing polos, seperti ketika sebelum pakai winglet pada dua musim balap lalu.

Lalu, bagaimana mengakali ”kebiasaan” pakai winglet dan keuntungan yang didapat dari peranti itu? ”Sekali lagi, itu adalah rahasia kami,” ucap Domenicali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com