Ducati Rahasiakan Siasat Pengganti ”Winglet” MotoGP

Kompas.com - 20/02/2017, 12:32 WIB
Ducati resmi luncurkan tim dan tampilan sepeda motor barunya di musim MotoGP 2017. Motorsport.comDucati resmi luncurkan tim dan tampilan sepeda motor barunya di musim MotoGP 2017.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Ketika Yamaha, disusul Aprilia dan Suzuki menunjukkan fairing baru menyiasati dilarangnya winglet pada MotoGP mulai musim 2017, Ducati, si penggagas digunakannya peranti aerodinamika itu, justru tak tampak ada siasat baru.

Hingga tes resmi kedua di Phillip Island, minggu lalu, tak tampak tim Ducati MotoGP pakai fairing baru atau paling tidak, ada desain baru pada fairing sebagai pengganti winglet.

KompasOtomotif pun menanyakan langsung kepada CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali, saat berkunjung ke Ducati Flagship Store di Kemang, Jakarta, Jumat (17/2/2017). ”Apakah Anda menganggap kami pakai fairing baru? Kami tidak punya winglet saat ini,” ujar Domenicali.

Dia lantas memperagakan soal pengendaraan, bahwa Ducati meminta rider mengakalinya dengan riding lebih mendongak. ”Hahaha, tapi ini bercanda. Mana mungkin berkendara 350 kpj dengan posisi itu, kamu akan terbang,” kata Domenicali yang mulai mengeluarkan selera humornya yang tinggi.

Artinya, bahwa Ducati untuk saat ini tidak pakai winglet, dan tak tampak menggantikan posisinya dengan fairing baru. Produsen motor asal Italia itu dalam dua tes resmi tampak menggunakan fairing polos, seperti ketika sebelum pakai winglet pada dua musim balap lalu.

Lalu, bagaimana mengakali ”kebiasaan” pakai winglet dan keuntungan yang didapat dari peranti itu? ”Sekali lagi, itu adalah rahasia kami,” ucap Domenicali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.