Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Yamaha Mengapa Kembali "Recall" MT25 dan R25

Kompas.com - 17/02/2017, 07:23 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha Indonesia kembali melakukan kampanye recall untuk MT25 dan R25. Kali ini terkait dua komponen baru, yakni main switch dan bracket fuel tank.

GM Aftersales Division Yamaha Indonesia M Abidin, menjelaskan kedua komponen tersebut wajib diganti karena terkait masalah keamanan dan kenyamanan berkendara.

"Kami menemukan adanya masalah pada main switch dan bracket fuel tank di MT25 dan R25. Di Indonesia sampai saat ini memang belum ada keluhan dari konsumen, tapi sebagai komitmen kami tetap buat kampanye penarikan lagi," ujar Abidin saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (16/2/2017).

Baca: Yamaha Kembali Recall MT25 dan R25 di Indonesia

Menurut Abidin, sebenarnya untuk kasus di Indonesia yang mengalami masalah ada pada MT25. Main switch yang letaknya di bawah sehingga sulit terjangkau dan bisa membuat motor mati mendadak.

"Setelah kami analisa penutup plastik main switch berpotensi menjadi penghantar listrik, terutama saat kena air. Kasus ini lebih banyak di MT25, untuk R25 sebenarnya tidak ada, namun karena desainnya sama jadi sekalian saja kami benahi," ucap Abidin menjelaskan.

KompasOtomotif-donny apriliananda Yamaha MT-25 didesain untuk nyaman ditunggangi sehari-hari.

Sedangkan untuk masalah bracket fuel ada di R25. Abidin menjelaskan, kerusakan pada bracket tangki rata-rata dialami bagi yang sudah pernah mengubah atau melakukan modifikasi.

"Umumnya yang sudah pernah bongkar tangki atau melakukan modifikasi dan setting-setting. Saat mereka lupa memasang bracket kembali, posisi tangki tidak maksimal terpasang, akibatnya ketika motor digunakan bisa menyebabkan vibrasi karena bersentuhan dengan bracket tadi. Saat dibiarkan, lama-kelamaan menyebakan kebocoran pada tangki," ucap Abidin.

Bagi pemilik R25 dan MT25 bisa langsung melakukan pergantian kedua komponen tersebut di jaringan R-Shop dan R-Bengkel mulai 20 Februari mendatang. Selain gratis, Yamaha juga memberikan dua botol oli Yamalube Super Sport secara cuma-cuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com