Teknologi Pembaca Gestur Pengemudi di Kabin Mobil

Kompas.com - 16/02/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi perangkat sensor yang memonitor kondisi pengemudi di mobil. AutoguideIlustrasi perangkat sensor yang memonitor kondisi pengemudi di mobil.
|
EditorAgung Kurniawan

Tel Aviv, KompasOtomotif – Perusahaan Israel, eyeSight Technologies, mengumumkan produk berteknologi tinggi mereka untuk mobil, di mana diklaim bisa meningkatkan keamanan dalam berkendara. Perangkat ini bakal memantau pergerakan dari driver.

Mengutip Autoguuide, Kamis (16/2/2017), fitur ini didukung oleh sensor monokrom inframerah yang bekerja dalam berbagai kondisi cahaya, entah itu ketika diterangi matahari langsung sampai pada kondisi gelap. Sensor tersebut bisa mendeteksi apakah pengemudi mengalami gangguan atau bahkan mengantuk.

Semua itu bisa dibaca, melalui posisi kepala, keterbukaan kelopak mata dan lokasi iris. Informasi ini kemudian diteruskan kepada kendaraan, sehingga sistem elektronik mobil bisa mengambil langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan keselamatan.

Terlepas dari sistem keamanan, teknologi ini juga bisa mengenali pengemudi melalui analisis wajah, dengan hanya duduk di duduk di kursi pengemudi, dan sensor kemudian tahu siapa mereka. Dengan mengidentifikasi orang di kursi kapten, kendaraan dapat secara otomatis menyesuaikan pengalaman berkendara dengan menyesuaikan kursi, pengaturan suhu yang diinginkan, atau bahkan memilih musik yang disukai.

Teknologi baru eyeSight ini juga berpotensi untuk menyederhanakan tugas, dan mengurangi kemungkinan pengemudi tidak melihat ke arah depan, karena berinterkasi dengan control fisik pada kendaraan (mengganti saluran radio, volume, dan lainnya), sehingga bakal menigkatkan keselamatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X