Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sengatan Listrik" Volvo Mulai Tahun Depan

Kompas.com - 10/02/2017, 16:46 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Gothenburg, KompasOtomotifVolvo akan mulai mengenalkan sejumlah teknologi masa depan untuk masuk era mobil listrik. Langkah tersebut bakal dimulai tahun depan, membawa mobil penggerak roda depan (FWD) Twin Engine plug-in hybrid.

Setelahnya, pada 2019, produsen mobil asal Swedia itu gas terus dengan memproduksi baterai untuk mobil listrik dan mengenalkan mobil hybrid ringan (mild hybrid) 48V. Kepastian itu disampaikan Mats Anderson, Senior Director of Electric Propulsion Systems Volvo di San Diego, Amerika Serikat.

”Mobil dengan mesin Twin Engine FWD akan menggunakan jenis 3-silinder. Sistemnya diharapkan mampu berkompetisi dengan kompetitor yang mempunyai mesin 4 sampai 6 silinder,” ujar Anderson, dikutip dari Green car congres, (9/2/2017).

Mesin ganda FWD akan didukung dengan baterai lithium-ion 9,7 kWh, kompresor elektrik untuk A/C, transmisi DCT 7-percepatan yang terintegrasi dengan motor listrik 55 kW. Estimasi perangkat listriknya saja bisa membawa mobil sampai 50 km.

Lalu, yang lebih canggih lagi, pada 2019, Volvo akan mengenalkan mobil hybrid ringan 48V untuk dipadukan dengan mesin bensin atau diesel. Menyusul pada tahun yang sama, juga bakal diperkenalkan baterai untuk mobil listrik.

Baterai canggih itu disebut Modular Electrification Platform (MEP) yang bisa membawa pencerahan untuk masa depan mobil listrik. MEP ini disebut mampu mendukung tenaga listrik di atas 450 kW dengan ukuran baterai 100 kWh.

Merek ini menargetkan satu juta mobil listrik mereka berada di jalanan pada 2025. Persiapan kini dilakukan untuk mulai meninggalkan mesin diesel, dan beralih ke listrik. ”Kami berkomitmen (untuk elektrifikasi. Tidak ada jalan untuk kembali,” kata Anderson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com