Pertamina Mengaku Konsumsi Pertamax Turbo Lebih Tokcer

Kompas.com - 10/02/2017, 07:42 WIB
Pertamax Turbo resmi diluncurkan, harga Rp 8700. KompasOtomotif-Donny AprilianandaPertamax Turbo resmi diluncurkan, harga Rp 8700.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Meski belum terlalu lama mengenalkan Pertamax Turbo di Tanah Air, tetapi pertumbuhannya sudah cukup pesat. Sejak dipasarkan mulai 11 Agustus 2016, Pertamina (Persero) mengklaim konsumsinya sudah menandingi Pertamax Plus yang memang sudah tidak diproduksi lagi.

Yanuar Budi Hartanto, Commercial Retail Fuel Marketing Manager Pertamina, mengatakan, Pertamax turbo memiliki prospek yang cukup baik sejak masa uji pasarnya dilakukan.

"Sama dengan Pertalite, pertumbuhannya cukup pesat. Kami senang karena produk ini ternyata bisa diterima dengan baik oleh pasar," ucap Yanuar menjawab KompasOtomotif di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Konsumsi rata-rata harian Pertamax Turbo, lanjut Yanuar, naik lebih cepat ketimbang Pertamax Plus. Meskipun demikian, pihak Pertamina enggan membeberkan berapa angka pasti yang telah dikonsumsi konsumen di seluruh Indonesia.

"Secara jumlah detail saya tidak bisa sebutkan, tapi yang jelas ada peningkatan dari produk sebelumnya (Pertamax Plus) gambaran akumulasinya saat ini konsumsi Turbo lebih besar, naik dua kali lipat dibandingkan Plus," kata Yanuar.

Pertamina Pertamax Turbo sudah tersedia di 134 SPBU di Jabodetabek.

Saat ditanya soal ekspor, Yanuar juga tidak menjawab dengan lugas berapa jumlahnya. Ia hanya menyampaikan bahwa saat ini Pertamax Turbo dikirim ke beberapa negara Eropa dengan kebutuhan khusus.

"Kita kirim ke beberapa negara Eropa, ada Italia, Perancis, Belgia, dan Inggris. Tapi pemasaran di sana masih untuk kebutuhan balap Lamborghini, tiap race Lamborghini itu bahan bakarnya pakai Pertamax Turbo," kata Yanuar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X