Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren "Ban Irit BBM" Dunlop Telat Menggelinding?

Kompas.com - 08/02/2017, 19:07 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Sentul, KompasOtomotif - Ketika merek lain sudah ramai-ramai menggelindingkan produk ban ramah lingkungan (eco tyre), Dunlop baru siap meluncurkan resmi produk mereka, Enasave EC300+, Maret 2017 mendatang. Agak tertinggal, namun merek ban asal Jepang itu tetap optimistis.

Seperti diketahui, merek-merek besar sudah main duluan, seperti Bridgestone dengan Ecopia, atau GT Radial dengan Champiro Eco. Dunlop Enasave EC300+ seolah-olah jadi pengekor, meski tak beitu jauh tertinggal.

Hendra Himawan GM Sales Planning and Administration PT Summi Rubber Indonesia, dalam kegiatan tes Dunlop Enasave EC300+ di Sirkuit Sentul, Bogor, Rabu (8/2/2017), mengatakan bahwa sebenarnya Dunlop tak terlambat, karena produk sudah meluncur lama.

"EC300 sudah 2 tahun mengisi pasar OEM mobil-mobil kecil. Lalu EC300+ mulai dipakai setahun yang lalu. Tahun ini, kami menambah ukuran untuk masuk di pasar aftermarket atau replacement," kata Hendra.

Dijelaskan kembali bahwa peluncuran yang baru dilakukan Maret 2017 mendatang hanyalah soal pengaturan waktu. Sebab, kata Hendra, tahun lalu juga bersamaan mengeluarkan produk baru. Memisahkan jarak peluncuran diharapkan tak membuat bingung konsumen.

"Setiap tahun kami lakukan survei, bagaimana demand terhadap ban ramah lingkungan. Jadi kita melihat, klaim eco tyre, namun tidak ada standarisasi dan ketentuan," ujar Hendra.

Hendra juga menyatakan optimismenya, bahwa tren saat ini, juga di seluruh dunia, ban-ban jenis ramah lingkungan akan semakin banyak dipakai. Dunlop sama sekali tidak terlambat, karena ke depan, isu ramah lingkungan bakal semakin deras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com