Rahasia Irit BBM Ban Ramah Lingkungan Dunlop

Kompas.com - 08/02/2017, 16:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Sentul, KompasOtomotif - Sebelum membuktikan performa lebih baik ketimbang kompetitor, PT Summi Rubber Indonesia (Sumindo) membeberkan sejumlah rahasia, bagaimana ban jenis Enasave 300+ mampu menghemat bahan bakar dan disebut ramah lingkungan.

Dalam sesi tes khusus di Sirkuit Sentul, Bogor, Rabu (8/2/2017), Bambang Hermanuhadi, Manajer Training Sumindo, mengatakan bahwa ada beberapa kunci dalam hal teknis yang membuat ban jenis ini bisa memberikan performa lebih baik.

Ada beberapa poin kunci yang membuat Dunlop Enasave EC300+ mampu mendapatkan performa terbaik. Berikut daftarnya:

1. Desain membulat. Inilah yang membuat ban mampu menyerap kejutan dari permukaan jalan dengan lebih baik. Efeknya, memberikan kenyamanan berkendara yang juga lebih baik.

2. Pola tapak kontak dan tekanan kontak lebih merata. Kalo tidak sama akan menimbulkan keausan yang tidak rata. Jangka waktu lebih panjang. Tekanan kontak terdistribusikan secara merata ke seluruh permukaan telapak, sehingga mampu memperbaiki tingkat keausan.

3. Desain telapak dengan 4 rib juga dapat meningkatkan tingkat kekauan telapak dan berkontribusi mengurangi keausan, bahkan di posisi poros belakang (saat kondisi beban ringan). Adanya telapak 4 rusuk, kekuatan masing-masing rusuk meningkat dibanding 5 rusuk.

"Jadi, tingkat kekakuan sama, maka distribusi bebannya akan merata ke seluruh permukaan telapak. Sehingga beban kendaraan dan penumpang akan disanggah oleh luas permukaan kontak yang lebih besar, otomatis membuat keausan lebih kecil," kata Bambang.

5. Perbaikan pola tapak. Dunlop mendesain sedemikian rupa, mengurangi pola melintang yang menyebabkan udara terjebak ketika ban bersentuhan dengan jalan. Udara yang terjebak berpotensi menimbulkan suara desis saat ban menggelinding. Pada enasave 300+, jaringan yang melintang dikurangi dan membuat udara yang terjebak lebih kecil, otomatis tingkat kebisingannya lebih rendah.

6. Perbaikan kompon dengan formulasi khusus yang membuat ban memiliki hambatan gulir lebih rendah. Inilah kunci utama dari penghematan bahan bakar. Dunlop memadukan unsur silika dan karbon dengan komposisi khusus untuk mendapatkan hal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.