Kompas.com - 08/02/2017, 10:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Bogor, KompasOtomotif - Ertiga Diesel Hybrid resmi meramaikan pasar low MPV di Tanah Air, Selasa (7/2/2017). Meski memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, yakni 1.300 cc, tapi konsumsi bahan bakar tidak boleh sembarangan.

Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, menjelaskan untuk jenis bahan bakar yang direkomendasikan adalah dengan cetane number 51.

"Untuk menjaga performa serta mendapatkan hasil optimal, kami sarankan menggunakan cetane number 51 atau setara konsentrasi itu," ucap Harold di Bogor, Selasa (7/2/2017).

Bila melihat dari spesifikasi bahan bakar, angka tersebut merujuk pada jenis Solar baru Pertamina, yakni Dexlite. Tapi akan lebih baik lagi bila mengkonsumsi Pertamina Dex dengan cetane yang lebih tinggi, yakni 53.

Febri Ardhani/Otomania Suzuki Ertiga Diesel lebih irit bahan bakar

Marketing Director SIS Donny Saputra, ikut menambahkan bahwa penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai apa yang direkomendasikan bisa membuat garansi kendaraan gugur.

"Lebih baik gunakan Pertamina Dex, kalau kita lihat produk BBM Solar yang paling baik masih itu. Hal ini juga berpengaruh pada cakupan waranty yang kami berikan ke konsumen," ucap Donny di kesempatan yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.