Kata Lorenzo soal Tunggangi Ducati Tanpa "Winglet"

Kompas.com - 02/02/2017, 15:42 WIB
Jorge Lorenzo. KompasOtomotifJorge Lorenzo.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Jorge Lorenzo, pebalap baru Ducati pada 2017, mengungkapkan perbedaan kesan berkendaranya ketika menggunakan winglet dan tidak. Seperti pada tes di Sepang awal minggu ini, pada motornya, sudah tidak lagi dipasang sayap tambahan.

"Pada saat tes dua hari di Valencia, saya menggunakan winglet. Namun, tiga bulan kemudian, saya tes di Sepang tanpa menggunakan komponen tambahan itu," ujar Lorenzo dalam acara temu media bersama Shell di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2017).

Lorenzo mengatakan, jika tanpa winglet, sebenarnya sepeda motor Ducati terasa lebih berbeda, seperti lebih kencang. Namun, itu kemudian menimbulkan sedikit masalah.

"Cuma pada kenyataannya itu membuat saya kesulitan dalam mengontrol motornya, ditambah lagi faktor trek dan cuaca. Tanpa winglet sebenarnya bagus, tetapi kami kehilangan beberapa aspek yang ada pada sayap tersebut," ujar Lorenzo.

"Terkait dengan tes di Sepang, semua yang dialami itu memberikan hasil positif untuk kami. Ini akan menjadi lebih bagus ke depannya," ucapnya.

Tim Ducati diklaim menjadi yang pertama kali mengembangkan winglet pada 2015 lalu di Sirkuit Qatar. Itu ternyata memberikan hasil yang baik dan keberhasilan itu diikuti oleh tim lain yang akhirnya menggunakan winglet pada musim berikutnya, 2016.

Pada hari pertama tes Sepang, Lorenzo harus puas berada di posisi ke-17 dengan perolehan 2 menit 1,349 detik. Sementara itu, pada hari kedua, dia berhasil merangsek ke posisi kedelapan, 2 menit 0,484 detik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X