Wuling Capai Rekor Penjualan pada 2016

Kompas.com - 02/02/2017, 12:02 WIB
Wuling Hongguang yang akan dijual di Indonesia tahun depan. KompasOtomotif-Donny AprilianandaWuling Hongguang yang akan dijual di Indonesia tahun depan.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – SAIC-General Motors-Wuling (SGMW), bukukan rekor penjualan mobil baru di negeri asalnya China pada 2016. Penjualan produk SGMW mencapai angka 2,13 juta unit, atau melonjak dibandingkan penjualan di 2015 yang hanya 2,04 juta unit.

Dua anak usaha perusahaan, yakni Wuling dan Baojun merupakan kontributor utama dalam hasil tahun lalu. Wuling menyumbang penjualan 1.369.618 unit, sementara Baojun 760.559 unit dengan pertumbuhan 51,2 persen, dibanding 2015.

Dari siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, kontribusi penjualan terbesar untuk SGMW diberikan oleh Wuling Hongguang. Mobil yang menyasar segmen kendaraan multi guna yang diklaim terjual 650.018 unit pada 2016. MPV ini juga yang rencananya bakal dipasarkan ke Indonesia.

Baca juga : Pabrik Wuling di Indonesia Segera Beroperasi

Produsen mobil ini juga sudah memperluas pasarnya di Indonesia, dengan gelontoran investasi sampai 700 juta dolar Amerika atau Rp 9,3 triliun. Pabriknya juga diperkirakan akan mulai beroperasi tahun ini, berlokasi di GIIC Cikarang, seluas 60 hektar.

SGMW telah berdiri selama lebih dari 15 tahun sejak 2002, oleh tiga pemegang saham yaitu SAIC Motors Corporation Limited, General Motors (China), dan Guangxi Automobile Group. Produsen mobil ini juga diklaim menjadi perusahaan otomotif pertama, yang mencapai produksi lebih dari 2 juta unit per tahun di China.

Jika SGMW atau Wuling punya nasib baik di negeri asalnya China, mari kita nantikan kiprahnya di industri otomotif dalam negeri. Apakah mereka sanggup bertarung dan bertahan di tengah persaingan ketat, terutama dengan merek Jepang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X