Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Eksterior Semua Varian Toyota Sienta

Kompas.com - 02/02/2017, 09:11 WIB
advertorial

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Astra Motor (TAM) menjual Sienta dengan empat varian. Tipe dimulai E, G, V dan Q, yang masing-masing punya segmentasi berbeda-beda, namun tetap sesuai kebutuhan keluarga Indonesia.

Secara kasat mata, tidak ada perbedaan signifikan pada masing-masing tipe. Namun, jika dilihat seksama ada beberapa pembeda, khususnya di sektor eksterior.

Mulai tampilan luar depan, bentuk gril radiator menggunakan desain yang sudah umum di gunakan pada kendaraan Toyota seperti Vios, Yaris, Camry, yaitu desain trapizondal atau seperti desain berbentuk huruf A.

Tetapi, buat tipe tertinggi, yaitu Q, terdapat tambahan list krom pada bagian atas dan bawah nomor polisi kendaraan dan melingkari seluruh bagian grill. Ada juga tambahan aerokit yang sporty. Sedangkan tipe G dan V tidak menggunakan lapisan krom hanya ditambahkan warna berbeda. Untuk tipe E hadir dengan desain yang polos.

Head lamp yang dimiliki tipe Q menggunakan Bi Beam Led Projector dengan LED clearance lamp dan auto leveling (bisa mengatur tinggi lampu secara otomatis). Untuk tipe  V, G dan E menggunakan projector halogen dengan pengaturan ketinggian lampu secara manual.

Selanjutnya bagian belakang dibalut dengan garnis warna hitam menyambung ke lampu belakang. Khusus tipe Q juga sudah dilengkapi dengan aerokits, lampu belakang menggunakan jenis LED dengan fitur LED Line Guide. Sedangkan selain Q menggunakan tipe conic Bulb. Poin plusnya, semua tipe sudah punya sensor belakang untuk memudahkan saat parkir.

Sienta menggunakan jenis pintu geser, tapi punya perbedaan di tiap tipenya. Tipe Q dan tipe V sudah dilengkapi Sliding Door ( L=R) dengan Easy Closer. Tipe G menggunakan pintu sliding model L, dan untuk tipe E menggunakan pintu sliding manual.

Cara membuka pintu samping, pada tipe Q dan V bisa menggunakan fitur smart entry dengan cukup menekan tombol pada handel pintu. Sementara pada tipe G dan E masih menggunakan jack Knife key.

Kaca spion yang digunakan  berbeda untuk setiap tipenya, semua tipe sudah menggunakan fitur elektrik namun untuk tipe Q dan V sudah dilengkapi dengan power retractable. Sementara tipe E dan G tidak memiliki fitur tersebut.

Terakhir, perbedaan terjadi pada roda dan pelek. Varian E menggunakan ukuran ukuran 185/60 R15 Steel dan Full Cap, tipe G menggunakan ukuran 185/60 R15 Alloy Wheel, Sienta V menggunakan ban dan pelek ukuran 195/50 R16 Alloy Whell dan two tone color machining. Tipe tertinggi dengan tipe dan pelek ukuran 195 / 55 R16 Alloy Wheel dan two tone color machining. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com