Honda Rangkul SMK, Siapkan Tenaga Kerja Siap Pakai

Kompas.com - 28/01/2017, 14:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Kuningan, KompasOtomotif – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmikan kerjasama Program Pendidikan Dasar bagi Teknisi Honda dengan SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 3 Kuningan, Jumat (27/1/2017). Program ini diklaim menjadi yang ke-44 kalinya, sejak tahun 2000.

Ke depan, para siswa dari SMK yang dirangkul HPM, diharapkan bisa menjadi calon pekerja handal, yang nantinya bakal diserap oleh industri otomotif, khususnya sebagai teknisi di jaringan Honda Indonesia.

“Kegiatan ini sesuai dengan komitmen global Honda, untuk dapat berkontribusi bagi masyarakat, di mana pun kami berada. Saat ini kami terus berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas SDM, serta melakukan transfer ilmu, untuk memajukan dunia pendidikan dan industri otomotif sesuai bidang usaha kami,” ujar Tomoki Uchida, President Director HPM, dalam siaran resminya, Jumat (27/1/2017).

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM menambahkan, seiring dengan pertumbukan industri otomotif, kebutuhan akan tenaga kerja terlatih, tentunya akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap Indonesia dapat memiliki tenaga kerja siap pakai, untuk mendukung industri sehingga bisa lebih bersaing secara regional maupun global,” ucap Jonfis.

Program HPM ini dilakukan dengan membuka kelas khusus, untuk program Pendidikan Dasar Teknisi Honda, dengan tahapan memberikan  training dan OJT (on the job training) kepada guru-guru SMKN 3 Kuningan, menyeleksi siswa-siswa berprestasi yang ingin langsung bekerja didunia Industri. 

Kemudian memberikan pelatihan dan OJT juga untuk siswa-siswa terpilih ke jaringan diler Honda, selama jangka waktu minimal 4 bulan.

Memberikan bantuan alat peraga training yang digunakan dalam proses belajar dan praktek di sekolah, berupa satu unit Honda Brio, Shop Manual, Common Tools dan Special Tools, dan informasi teknologi sebagai bahan pelatihan.

Terakhir, membuka kesempatan kepada para siswa yang masuk dalam program ini, untuk bekerja di jaringan diler Honda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.