Konsumen Jawa Barat Paling Banyak Beli Mobil Baru pada 2016

Kompas.com - 26/01/2017, 07:42 WIB
Suasana pameran IIMS 2016 Otomania/Setyo AdiSuasana pameran IIMS 2016
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Selain hasil penjualan mobil baru yang tumbuh 4,5 persen, ada fakta menarik lain dari data penjualan periode 2016. Provinsi Jawa Barat kini tercatat sebagai daerah dengan penjualan mobil terbanyak di Indonesia, menggeser dominasi DKI Jakarta.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) menunjukkan, kalau porsi penjualan mobil baru di Jabar, mencapai 19,4 persen terhadap total nasional atau 193.000 unit. Sementara Jakarta, hanya mencapai 186.000 unit, atau menyumbang 18,6 persen dari total penjualan. Lalu membuntuti di posisi ketiga ada Jawa Timur, sebesar 121.000 unit (12,1 persen).

“Sebarannya menarik, kalau semula Jakarta menjadi pasar yang paling tinggi, kini tergusur, walaupun tumbuh 0,6 persen. Lalu Jawa Barat, yang menjadi nomor satu, diikuti Jawa Timur dan kemudian Banten,” ujar Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo, di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Kukuh mengakui, kalau penyebaran masih belum begitu merata dan terpusat di Pulau Jawa, dengan total kontribusi sampai 60 persen. Namun, jika melihat wilayah Indonesia Timur, sudah mulai ada perkembangan, di mana kontribusinya tumbuh.

Gaikindo Sebaran penjualan mobil 2016.

“Menarik lagi adalah Papua, peringkatnya meningkat dari 27 menjadi 25, dengan pertumbuhan sepanjang lima tahun terakhir sampai 59,73 persen. Juga di daerah lain seperti Sulawesi Selatan tumbuh 34,72 persen dari posisi ke-10 menjadi keenam, dan Bali yang kontribusinya juga ikut melonjak 21,46 persen,” ucap Kukuh.

Kukuh menambahkan, pertubuhan ini sebagian besar merupakan kontribusi dari penjualan kendaraaan dengan harga terjangkau. Di mana itu disesuaikan dengan kemampuan daya beli masyarakat Indonesia.

“Inilah gambaran bahwa apa yang dilakuakan pemerintah terkait pembangunan infrastruktur, untuk memberikan kesimbangan di  wilayah indoensia timur, terefleksi dari penjualan mobil penjualan,” kata Kukuh.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X