Begini Tampilan Motor ala Samurai

Kompas.com - 20/01/2017, 15:32 WIB
Samurai Zen motor1.comSamurai Zen
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Moscow, KompasOtomotif - Menepis gaya sepeda motor Jepang yang selalu tampil minimalis dan sederhana, dua desainer asal Eropa mencoba memberikan sentuhan berbeda. Mengambil filosofi samurai, Vladimir Panchenko dan Arten Smirnov, berkolaborasi mendesain motor yang kental dengan nuansa Jepang.

"Pendekatan desain motor Jepang selalu tampil original, ini bagian dari dasar seni origami dan semangat samurai. Tapi untuk beberapa alasan, pendekatan ini jarang digunakan lagi dalam desain mobil dan motor Jepang," kata Panchenko dan Smirnov yang dilansir dari Motor1, Kamis (19/1/2017).

Mengacu dari penekanan budaya tradisional, keduanya mencoba merancang motor menggunakan prinisip Zen, dan menamakan motor tersebut Samurai. Konsep garis lurus yang tegas dituangkan tanpa ada lekukkan seperti desain pada motor Eropa.

motor1.com Samurai Zen

Bila diperhatikan, mulai dari sektor depan hingga belakang dibuat sejajar, tidak seperti kebanyakan motor pada umumnya yang tinggi di depan atau belakang. Kesan sport diberikan melalui setang kemudi yang dibuat menunduk.

Untuk jok mengaplikasi model single seater, dengan desain buritan belakang yang dibuat lebih tipis. Fairing yang digunakan untuk menutupi mesin juga hadir tanpa banyak lekukan guna menegaskan harmonisasi dari konsep samurai.

motor1.com Sespan untuk boncengan

Kedua desainer tersebut juga memberikan sespan untuk mengangkut penumpang pada bagian samping. Meski terkesan klasik, tapi dalam konsep rancangannya justru terlihat lebih futuristik.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Motor1.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X