Warna dan Grafis Baru Yamaha R25 ”Nembak” CBR250RR?

Kompas.com - 19/01/2017, 17:53 WIB
Yamaha R25 (kanan) dan Honda CBR250RR yang menerapkan warna sama, hitam dof grafis merah. istiimewaYamaha R25 (kanan) dan Honda CBR250RR yang menerapkan warna sama, hitam dof grafis merah.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja melepas tiga warna dan grafis baru untuk Yamaha YZF-R25. Menariknya, ada warna matte black alias hitam dof yang membuat penampilannya makin garang.

Tapi sayang, penampilan baru itu justru dinilai mengekor Honda CBR250RR yang juga punya warna andalan hitam dof yang justru menjadi ikon. Ironisnya, warna aksen yang digunakan juga sama, merah, tidak ada yang lain selain dua kelir tersebut.

Yamaha megadopsi merah untuk grafis dan tulisan ”R25” pada fairing. Sedangkan CBR250RR juga serupa, warna merahnya seakan kontras sebagai logo pada tangki dan tulisan tipe.

Perhatikan juga peletakan merek dan warna pelek. Yamaha dan Honda sama-sama meletakkan tulisan merek pada fairing bagian bawah dengan warna abu-abu. Pelek hitam dof pun sama persis, diberi aksen merah pula.

Apakah ada unsur kesengajaan untuk mengadu head to head? Dikonfirmasi hal ini, M Abidin, GM Aftersales Division YIMM mengatakan bahwa tidak ada hubungannya antara warna dan grafis baru Yamaha R25 dengan kompetitor.

Hahaha, bisa saja. Tapi warna matte (dof) sudah menjadi ciri khas Yamaha. Kami duluan,” ucap Abidin kepada KompasOtomotif, melalui pesan instan, (19/1/2017).

Pernyataan singkat itu sudah menjelaskan bahwa Yamaha tak mau warna dan grafis baru R25 disamakan dengan CBR250RR, apalagi dianggap mengekor. Abidin menegaskan bahwa warna dof sudah lama menjadi tren dan digunakan Yamaha, meski bukan via R25.

”Soal grafis, premium model sudah lumrah selalu minim (grafis), beda dengan low price model,” ucap Abidin.

Tren warna dof makin booming buat Yamaha setelah muncul NMAX. Sukses dengan ”warna kusam” tersebut, YIMM mulai menerapkannya untuk model lain, mulai All New Soul GT sampai Mio Z.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.