Toyota Keranjingan Tren ”Adventure dan Crossover”

Kompas.com - 19/01/2017, 11:03 WIB
Toyota Kijang Innova Venturer warna Alumina Jade. Toyota Astra Motor (TAM)Toyota Kijang Innova Venturer warna Alumina Jade.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Laju pertumbuhan SUV dan crossover memang pesat. Namun tren baru justru muncul, ”memaksa” mobil jenis lain bergaya adventure dan punya aura SUV/ crossover. Seperti yang Toyota lakukan di Indonesia dengan beberapa modelnya.

Contohnya, Yaris yang lahir sebagai hatchback, dipoles-poles sedikit dengan gaya petualang dan diberi nama Heykers. Ground clearance dibikin lebih tinggi, dan atap diberi roof rail. Secara keseluruhan, mobil ini bertampang mirip crossover.

Terbaru, Innova yang seharusnya adem-ayem dengan status MPV, dipoles dengan gaya famlily adventure dan disebut dengan Innove Venturer. Kesannya kini makin gagah dengan pelek besar dan beberapa ornamen penegas, membuat mobil ini siap diajak bertualang ala pengguna MPV.

Ada apa ini, Toyota? Permintaan konsumen atau memang ”pemaksaan” model yang ada untuk mencuri perhatian para pengguna SUV?

TAM Toyota akhirnya meluncurkan varian baru, Yaris Heykers di Jakarta, Kamis (3/11/2016).
Sri Agung Handayani, Product General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menampik pertanyaan KompasOtomotif itu. Dia bilang, bahwa inilah hasil survei. Ada konsumen yang ingin tetap mendapat kenyamanan, namun dengan penampilan yang berbeda.

”Misalnya Innova Venturer. Orang tetap ingin nyaman dengan pertimbangan kapasitas, tapi outlook-nya ingin beda. Mereka ini murni orang MPV,  tapi butuh yang lebih advance. Jadi konsumennya bukan pure orang SUV,” ujar Sri Agung, di Jakarta, (17/1/2017).

Innova Venturer ditegaskan Sri Agung sebagai definsi ”adventure” di kelas Kijang Innova. Pertimbangan utama para pembeli tetap kenyamanan dan kapasitas. Namun ada pertimbangan lain yakni kebutuhan tampil beda dan sedikit petualangan.

Sama seperti Yaris Heykers, bahwa ada orang yang masih suka mobil yang simpel seperti hatchback. Namun, di satu sisi, ada keinginan untuk diajak sedikit ”nakal” dengan bepergian jauh dari kota bersama keluarga kecil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X