Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Nissan Siapkan Penantang Honda Jazz di Indonesia

Kompas.com - 19/01/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Nissan Thailand resmi meluncurkan model baru segmen spacious hatchback, Note, Selasa (17/1/2017). Di Thailand, Note diklaim bakal diutus untuk mencomot pangsa pasar Honda Jazz. Harga dibanderol 568.000 baht atau Rp 214,7 juta sampai 640.000 baht atau Rp 242 juta.

Antonio Zara, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, tampak tertarik menghadirkan model ini ke dalam negeri. Dirinya melihat celah memboyong Note dari Thailand dengan skema perdagangan bebas di Asia Tenggara.

"Setelah di Thailand, dan kami bisa membawanya masuk ke Indonesia, ekspor dengan skema ASEAN Free Trade Area (AFTA). Namun, kami bakal mempelajarinya terlebih dahulu untuk menjadi produk yang akan kami pasarkan di dalam negeri," ujar pria yang akrab disapa Toti itu, Rabu (18/1/2017).

Toti menyadari kalau pasar segmen mobil hatchback atau citycar sedang mengalami penurunan, tetapi itu dianggap bukan masalah bagi Nissan Indonesia. Pasalnya, mereka ingin berpartisipasi di semua segmen otomotif dalam negeri.

"Menurut saya, kami tidak hanya mau berpartisipasi hanya di segmen besar. Kami adalah perusahaan global, dan bagus untuk merek seperti itu memiliki semua segmen untuk ikut bersaing, mulai dari LCGC, non-LCGC (city car), MPV, termasuk hatchback," ucap Toti.

Mengutip Bangkokpost, Rabu (18/1/2017), Note di Thailand hadir dengan mesin 1.2L yang sanggup mengeluarkan tenaga sampai 79tk, konsumsi bahan bakar rata-rata di angkat 20 kilometer per liter, dengan emisi CO2 di 120g/km.

Jika akan dicemplungkan ke pasar Indonesia, Note bisa jadi bakal ada di segmen city car, mengingat ukuran mesin yang hanya 1.2L. Namun, kalau harus ditempatkan di hatchback, bisa saja menjadi menggantikan Nissan Livina X-Gear, yang dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari sampai November 2016, pasokannya hanya 9 unit.

 

Paultan Nissan Note, yang kemungkinan bakal menggantikan X-Gear di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com