Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selektif Memilih Mobil Bekas Taksi

Kompas.com - 18/01/2017, 12:44 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Selain dari showroom, konsumen saat ini juga bisa membeli mobil bekas (mobkas) dari Blue Bird buat alternatif. Sebagai mobkas taksi, dari sisi harga cukup kompetitif, sedangkan untuk perawatan pun diklaim terjamin.

Meski demikian, bukan berarti semua mobkas taksi bebas masalah. Dengan jam terbang tinggi, kondisinya tentu tidak 100 persen normal, artinya ada kemungkinan masalah, karena itu disarankan sebelum membeli konsumen harus pintar memilih.

Untuk menghindari hal ini, General Manager Used Car Division Blue Bird Hery Sugiarto, membeberkan saran yang bisa dijadikan acuan saat akan meminang mobkas taksi. 

"Paling utama kaki-kaki, setelah itu mesin silakan dicek lagi. Komponen yang harus dilihat banyak seperti AC dan sistem kelistrikannya juga," ujar Hery saat berbincang dengan wartawan di Purwakarta, Jumat (13/1/2017).

Bagi konsumen yang kurang paham dan percaya, Hery menganjurkan agar membawa rekan mekanik sendiri untuk membantu dalam hal pemeriksaan. Dengan begitu, konsumen akan lebih leluasa untuk memilih unit.

Stanly/Otomania Mercedes-Benz E200 Kompresor Blue Bird

"Kami tidak keberatan, silakan kalau mau bawa mekanik. Kami cukup yakin produk yang kami juga itu barang bagus, tapi namanya bekas pakai pasti ada saja kendalanya," ucap Hery.

Selain Hery, Technical Manager Blue Bird Yuni Suharyanto, juga ikut berkomentar. Menurutnya, sebelum melakukan transaksi baiknya konsumen meminta data atau riwayat kendaraan, terutama untuk model Mercy E200 Kompressor.

"Semua mobil terjamin, untuk perawatan khusus Mercy kami punya alat start diagnostic. Semua data dari mobil lengkap, termasuk riwayat perbaikan. Data ini bisa diminta konsumen agar mengetahui rekam jejak pemakaian dan perbaikan," kata Yuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com