Pejabat Volkswagen Ditangkap FBI

Kompas.com - 11/01/2017, 16:22 WIB
Volkswagen. Ghulam/KompasOtomotifVolkswagen.
|
EditorAgung Kurniawan

Florida, KompasOtomotif – Skandal emisi diesel yang dialami oleh Volkswagen sejak September 2015, berbuntut pada ditangkapnya seorang pejabat eksekutif Volkswagen oleh Biro Investigasi Federal (FBI) di Florida, Amerika Serikat. Dirinya dianggap terlibat dan dituduh sebagai sebagai tokoh kunci terkait skandal emisi tersebut.

Mengutip Carscoops dari New York Times, Rabu (11/1/2017) yang bersangkutan, yaitu Oliver Schmidt, menjabat sebagai Emissions Compliance Manager Volkswagen di Amerika Serikat. Penangkapan terjadi pada Jumat (6/1/2017).

Schmidt juga dianggap menjadi orang yang jbertanggung jawab dalam memastikan penegak hukum Amerika Serikat, tidak mengetahui kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh merek asal Jerman tersebut.

Dirinya coba meyakinkan regulator bahwa kelebihan emisi diesel pada beberapa model tersebut, terjadi karena masalah teknis. Namun, tak lama setelah itu, perhatian pemerintah Amerika memuncak, pasca hasil studi West Virginia University, yang menemukan adanya potensi kesengajaan.

Dalam sebuah pernyataan tertulis oleh agen FBI, Ian Dinsmore, Schmidt dituduh memberikan alasan yang jauh dari fakta, di mana VW sengaja menutupi kebohongannya pada tes emisi Amerika. Ini ditujukan untuk memungkinkan VW, supaya bisa terus menjual mobil diesel di Amerika Serikat.

Saat ini pihak Volkswagen setuju membayar kerugian atau kompensasi sebesar 15 miliar dolar, atau Rp 199,5 triliun, kepada pemilik model VW yang terkena skandal. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.