Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajari Gangguan Potensial pada Sinyal “Keyless Remote”

Kompas.com - 04/01/2017, 09:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Modernisasi pada industri otomotif menghadirkan banyak teknologi pada kendaraan yang semakin memudahkan pemiliki mobil. Salah satu yang sudah semakin populer adalah kunci dengan sistem keyless remote.

Tidak hanya bisa digunakan untuk membuka dan mengunci pintu mobil, tanpa harus menekan tombol buka pada remote, tetapi juga bisa digunakan ketika akan menyalakan mesin. Kendaraan memancakan gelombang radio yang ditangkap keyless remote (sinyal) untuk bisa beroperasi.

Namun, mengutip buku manual Honda HR-V, ada kondisi di mana pengoperasian keyless remote untuk mengunci atau membuka pintu dan bagasi, juga ketika menyalakan mesin bisa terganggu. Setidaknya ada tiga  penyebab, yaitu:

Pertama, terdapat gelombang radio yang kuat, sedang dikirm dalam jarak yang dekat.

Kedua, pemilik mobil membawa keyless remote bersama dengan alat komunikasi, komputer, laptop, telepon seluler, atau perangkat nirkabel lainnya.

Ketiga, terdapat objek berbahan logam yang bersentuhan atau menutupi keyless remote.

Komunikasi antara keyless remote dan kendaraan  didukung oleh baterai, di mana bisa bertahan sampai dua tahun. Daya tahan baterai ini juga tergantung dari pemakaian keyless remote.

Baterai digunakan otomatis setiap kali keyless remote menerima gelombang radio kuat. Jadi sebaiknya jangan letakkan piranti ini berdekatan dengan barang-barang elektronik, seperti televisi atau komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com