Bisnis Rental Makin Terpukul "Mobil Murah"

Kompas.com - 03/01/2017, 10:02 WIB
Rental sewa mobil di Jakarta Timur Stanly/OtomaniaRental sewa mobil di Jakarta Timur
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Usaha rental mobil sudah tidak semeriah seperti dulu lagi. Contohnya seperti musim libur Natal dan tahun baru kemarin, meski mengalami kenaikan dibandingkan hari biasa, namun diklaim angkanya tidak signifikan.

Kesimpulan ini merupakan curhatan beberapa pelaku bisnis rental di kawasan Dewi Sartika, Jakarta Timur. Mereka mengeluhkan bahwa saat ini pasar turun akibat banyak masyarakat yang sudah memiliki mobil pribadi.

"Kebanyakan sudah punya mobil, jadi jarang yang pilih pakai rental untuk ke luar kota atau liburan. Beberapa masih ada, tapi tidak seramai dua sampai tiga tahun lalu," ucap Taufik Hidayat salah satu staf  C&J Car Rental saat ditemui KompasOtomotif di Jakarta, Senin (2/1/2017).

Menurut dia, banyaknya “mobil murah” (low cost green car/ LCGC) dengan kisaran harga yang terjangkau membuat masyarakat lebih tertarik untuk membeli dibandingkan menyewa. Bahkan efek dari pasar yang lemas membuat Taufik harus mengurangi unit mobil yang disewakan.

“Biasanya kita ada mobil city car seperti Yaris atau March, tapi saat ini kita kurangi (jual) hanya tinggal MPV seperti Avanza atau APV yang untuk keluarga. Kerena mereka sudah punya mobil kecil, jadi kalau sewa rata-rata cari mobil yang kapasitas besar,” ucap Taufik.

Stanly/Otomania Rental Mobil Libur Natalan dan Tahun Baru

Hal senada juga disampailkan oleh Achmad dari rental Sosor Rent Car di kawasan yang sama. Menurutnya meski musim liburan, namun tingkat ketertarikan orang untuk menyewa saat ini turun drastis.

“Sudah mulai surut. Untuk harga musim liburan kemarin justru kami kasih lebih rendah dari saat Lebaran, tapi tetap tidak seramai dulu,” ucap Achmad di waktu yang sama.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X