Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Buktikan Sistem Bantu Parkir Semakin Aman

Kompas.com - 28/12/2016, 09:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Tokyo, KompasOtomotifToyota membuktikan bahwa teknologi Intelligent Clearance Sonar (ICS) pada berbagai model yang dipasarkan mampu mereduksi kecelakaan kecil di garasi atau area parkir. Inilah ketakutan yang selama ini dirasakan pengguna mobil, terutama yang dilengkapi dengan transmisi otomatik.

Berdasarkan survei internal mereka di Jepang, 70 persen kecelakaan kecil yang diakibatkan oleh salah mengaplikasikan pedal (salah injak pedal) berkurang 70 persen. Lalu, kecelakaan kecil karena parkir mundur juga berkurang 40 persen.

Survei ini dilakukan selama 18 bulan, selama Januari 2015 hingga Juni 2016 di Jepang, diambil dari data sekitar 2.500-an jumlah kecelakaan dari perusahaan asuransi yang meng-cover sekitar 63.000 Alphard, Vellfire, dan Prius.

Teknologi ICS adalah semacam sensor yang menggunakan sonar, dikombinasikan dengan sistem yang mengaplikasikan gas, transmisi, hingga rem. Semua bekerjasama untuk menjaga agar mobil tidak menabrak ketika salah injak pedal gas, atau menyelonong saat pertama kali start.

Kejadian salah injak pedal gas memang sering terjadi, termasuk saat mundur. Saat mobil terdeteksi akan menabrak, mobil akan otomatis mengaplikasikan rem. Begitu juga saat spontan memindah transmisi untuk maju, mobil akan dikurangi tenaganya agar tak terlalu menghentak.

Berikut ulasan teknologi ICS dari video:


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com