Kompas.com - 27/12/2016, 15:24 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Beijing, KompasOtomotif - Aturan baru mengenai skema kredit kendaraan bermotor, khususnya roda empat di China akan diperketat. Usulan ini diajukan langsung oleh bank sentral China sepeti dilansir Reuters,  Selasa (27/12/2016).

Pedoman akan usulan tersebut dikeluarkan pada Selasa ini, dan berisikan standardisasi baru dalam pemberian kredit mobil. Ini dianggap menjadi langkah untuk mengatasi kekhawatiran atas risiko peminjam yang gagal (borrowers defaulting/kredit macet).

Kredit mobil telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir, sebagian tumbuh sebagai akibat dari transaksi pembiayaan menarik, yang ditawarkan oleh produsen, demi meningkatkan penjualan. Hampir 30 persen dari pembelian dilakukan secara kredit tahun lalu, naik dari 20 persen dari 2013, menurut analis dari Sanford C. Bernstein and Deloitte.

Bank Rakyat China mengeluarkan pedoman yang sudah direvisi pada situs resminya, dan menantikan umpan balik dari masyarakat www.pbc.gov.cn.

Ke depannya, People’s Bank of China (Bank Rakyat China/PBOC) mengatakan, di dalam aturan baru, peminjam harus memberikan jaminan yang valid. Kemudian si pemberi pinjaman harus membangun sistem kredit, dengan menyertakan fasilitas kredit eksternal independen, untuk menilai kelayakan kredit pelanggan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.