Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadang Civic Turbo, Corolla Terbaru Rasa Jerman?

Kompas.com - 25/12/2016, 14:53 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah memutuskan berkolaborasi secara teknis, Toyota dan BMW tancap gas dengan pengembangan Supra dan Z5. Terbaru, muncul isu baru yang menyatakan bahwa BMW siap suplai mesin Corolla Generasi terbaru.

Kabar ini tersiar via media-media lokal di Jepang belakangan ini. Tidak disebut alasan dan tujuannya, namun bisa jadi, Toyota tak ingin kehilangan pasar Corolla dari tangan Honda Civic Turbo yang saat ini sedang naik daun di seluruh dunia.

BMW mungkin saja menyediakan paket mesin untuk Corolla generasi terbaru (saat ini masih edisi facelift) pada 2018 kelak. Dilaporkan juga bahwa platforma bakal menggunakan TNGA yang juga dipakai Toyota CH-R dan Prius.

Diperkirakan, mesin buatan BMW akan melengkapi Corolla varian teratas. Spesifikasi belum dipastikan, namun kemungkinan pilihan mesin bisa tetap bertahan di 2.000 cc, tapi sudah menggunakan peranti turbo.

Kita memang tidak akan melihat Corolla berikutnya hingga 2018, sehingga Toyota memiliki banyak waktu untuk mencari tahu mana mesin yang paling cocok dipinjam.

Memang, Corolla bermesin BMW terdengar aneh. Tapi itu bukan tak mungkin dilakukan. Perusahaan yang berbasis di Munich itu pernah memasok mesin untuk Kontinental Lincoln dan Mark VII coupe pada pertengahan 1980-an dalam upaya menangkis persaingan dengan Mercedes-Benz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com