Tanggapan Pabrik soal Transmisi Bermasalah Innova

Kompas.com - 22/12/2016, 10:49 WIB
Toyota Innova generasi kedua yang hadir dengan beragam ubahan KompasOtomotifToyota Innova generasi kedua yang hadir dengan beragam ubahan
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Pada Oktober lalu, keluhan konsumen soal transmisi otomatis pada generasi baru MPV Innova muncul ke permukaan. Diskusi dengan pihak Toyota Astra Motor (TAM) sudah dilakukan. Pihak produsen, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), pun sudah menyoroti bagian yang dikeluhkan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pemilik All-New Innova yang mengeluh transmisi bermasalah bertemu dengan pihak Toyota Astra Motor di Jakarta, Rabu (12/10/2016).
Innova dan SUV Fortuner diproduksi di pabrik pertama TMMIN di Karawang, Jawa Barat. Transmisi otomatis pada Innova merupakan jenis baru, AWR6B45 dengan 6-percepatan.

Menurut penjelasan Direktur Karawang Plant Nandi Julianto, keluhan dianggap hanya terjadi pada konsumen yang sensitif. “Kalau dari evaluasi kami tidak ada masalah. Pola mengemudi konsumen kan berbeda-beda, jadi ada yang sensitif,” kata Nandi saat ditemui di Karawang Plant II, Senin (18/12/2016).

Baca: Konsumen Innova Mengeluh Masalah Transmisi

Seperti diberitakan sebelumnya, masalah pada transmisi tersebut adalah gejala melompat saat perpindahan gigi diikuti suara “duk” keras yang terasa di kabin. Selain itu, konsumen juga mengeluhkan pergeseran tuas transmisi dari “P” ke “R” yang terasa keras atau macet.

KompasOtomotif Transmisi otomatis Innova terbaru dengan tipe 6 percepatan
Nandi menjelaskan, tim dari TMMIN sudah melaksanakan pengujian dengan kondisi sesuai referensi keluhan konsumen. Hasilnya diklaim tidak ada masalah. Hanya, buat konsumen yang sensitif, hal itu dikatakan butuh sedikit penyesuaian.

“Kalau ada yang bermasalah seperti itu, kami siapkan remapping untuk electronic control unit (ECU). Kami berikan ke diler, jadi nantinya jadi petunjuk diler,” ujar Nandi. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X