Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etios Masih Diproduksi Setidaknya sampai 2017

Kompas.com - 20/12/2016, 07:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif — Garis hidup mobil produksi Toyota di dalam negeri, Etios Valco, ‎rupanya belum berakhir, setidaknya sampai tahun depan. Walau penjualannya terus turun dari tahun ke tahun, produksi tetap berlanjut.

Hatchback yang lebih kecil dari Yaris itu merupakan model pertama yang diproduksi di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Setelah Etios, TMMIN melahirkan Vios, Limo, Yaris, dan Sienta.

"Kami masih produksi terus sampai memang tidak ada permintaan. Kalau tidak ada yang minta, ngapain kami produksi," ucap Direktur Karawang Plant TMMIN Nandi Julianto, di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016). 

Saat ini, 10 Etios dirakit per hari, turun jauh dari momen puncak ketika awal peluncuran pada 2013 yang sebanyak 80 unit per hari.  

Nandi menjelaskan, produksi Etios dilanjutkan hingga tahun depan. Jika penjualannya tidak berubah, kapasitas produksinya sama seperti sekarang. Jika jumlah produksi lebih rendah, maka akan ada penyesuaian.

Dari informasi yang diterima KompasOtomotif, stok komponen Etios masih tersedia setidaknya sampai November 2017. Mengapa subkompak A ini tetap diproduksi meski penjualannya turun? Alasannya karena margin yang diterima dari jualan komponen mobil ini masih menjanjikan.

Sepanjang 11 bulan tahun ini, ‎lebih dari 3.000 Etios telah dicetak menurut data dari pihak TMMIN. Saat diluncurkan pada 2013, produksinya 12.800 unit, 2014 sebesar 10.000 unit, dan 2015 sebanyak 5.600 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com