Tombol ”Start-Stop” Bukan Jaminan Aman dari Maling

Kompas.com - 12/12/2016, 13:16 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

California, KompasOtomotif – Ada saja celah buat maling menggondol mobil, meski dengan sistem keamanan paling canggih. Tesla yang diklaim berteknologi tinggi, bisa diretas dan dibawa lari. Bahkan yang ada di depan mata, mobil dengan tombol start-stop, immobilizer, atau keyless, bisa di-starter tanpa membawa ”kunci pasangannya”.

Dilansir Autonews, (10/12/2016), National Insurance Crime Bureau (NCIB), lembaga non-profit yang menangangi asuransi dan kriminalitas di Amerika Serikat, mengumumkan bahwa kini sedang marak penggunaan ”perangkat misteri” untuk membawa mobil canggih dengan mudah.

Intinya, sang maling dengan metode tertentu mengambil sinyal dari kunci saat pengemudi mengunci mobil. Kira-kira, sinyal dari kunci diambil dengan jarak di atas 3 meter. Sinyal itu lalu disimpan pada ”relay box” untuk dipakai lagi sebagai pembuka kunci dan menyalakan mesin.

NCIB mengajak kerjasama CarMax, penjual mobil bekas, mengetes ”perangkat misteri” tersebut pada 35 mobil aneka model yang menggunakan sistem keamanan keyless di Chicago selama periode dua miggu.

Juru bicara NCIB Roger Morris pun membuat pernyataan mengejutkan bahwa dari jumlah mobil yang dites itu, 19 di antaranya bisa terbuka menggunakan metode ”curi sinyal” itu. Dari jumlah itu, 18 di antaranta bisa dibawa lari.

”Berarti ini sudah menjadi perang antara produsen mobil dengan pencuri. Saya hanya menyarankan untuk tak meninggalkan barang-barang berharga di dalam mobil. Parkirlah di tempat yang ramai agar terus mendapat pengawasan,” kata Morris.oo

Ya, Morris dengan berat hati mengatakan bahwa tidak ada jalan lain untuk memerangi hal ini. Akan ada terus cara maling menemukan kelemahan dari sistem keamanan.

Waspadalah!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber autonews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.