Bangun Pabrik Ketiga, Honda Makin Serius di China

Kompas.com - 12/12/2016, 08:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Guangzhou, KompasOtomotif – Honda mengumumkan investasi lajutan dengan membangun pabrik ketiga di China, melalui perusahaan patunganya dengan mitra lokal, Dongfeng Honda Automobile. Kehadiran pabrik fasilitas baru ini, sebagai langkah untuk memenuhi permintaan mobil Honda yang semakin besar.

Pabrik baru ini berdiri di atas tanah seluas 1,2 juta meter persegi, yang lokasinya berjarak 8 kilometer dari pabrik pertama di kawasan Wuhan Economic & Technological Development. Dengan investasi sekitar 3 miliar yuan atau Rp 5,7 triliun, fasilitas ini dijadwalkan mulai beroperasi pada semester pertama 2019, dengan kapasitas 120.000 unit per tahun.

Selain itu, pabrik baru ini akan dirancang dengan konsep yang bisa menampung produksi mobil listrik, di mana permintaan mobil jenis ini diperkirakan akan berkembang di tahun-tahun mendatang di pasar mobil China.

Baca juga : Honda Libas Toyota di China

Sejak mulai produksi dan menjual CR-V pada April 2004, Dongfeng Honda terus meningkatkan jajaran produk, termasuk Civic di 2006, dan SUV kompak XR-V mulai 2015. Melihat pertumbuhan yang baik, total penjualan Dongfeng Honda di 2016 diperkirakan akan melebihi angka 560.000 unit.

Penambahan pabrik ketiga akan meningkatkan keseluruhan kapasitas produksi tahunan Dongfeng Honda menjadi 600.000 unit, serta menambah volume seluruh mobil Honda di China menjadi 1,25 juta unit, termasuk 600.000 unit Guangqi Honda dan 50.000 unit Honda Automobile, pabrik mobil khusus untuk ekspor.

"Penjualan Honda di China semakin kuat dan penjualan tahunan untuk 2016 diperkirakan akan mencapai 1,2 juta unit. Pasar Cina memiliki potensi terus berkembang dan tumbuh. Dalam rangka memenuhi permintaan, Honda akan memperkenalkan produk yang sangat menarik dan dilengkapi dengan teknologi terdepan di pasar China," ujar Takahiro Hachigo, President, Chief Executive Officer and Representative Director of Honda Motor dalam siaran resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.