Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Konfirmasi Kelahiran Generasi Kedua “86”

Kompas.com - 08/12/2016, 08:52 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Brussels, KompasOtomotif – Sukses mengisi pasar di segmen sport coupe melalui model 86, Toyota kembali merencanakan penerusnya. Melalui Karl Schlicht, bos Toyota Eropa, produk tersebut akan diluncurkan di awal 2019.

Mengutip CarscoopsKamis (8/12/2016) berkaca dari keberhasilan generasi pertama, mereka akhirnya menghadirkan generasi kedua. Sebelumnya, kabar akan kelahiran ini sudah beredar di media Jepang, sejak Agustus 2015 lalu.

“Generasi kedua GT 86 sudah dalam perjalanan, mungkin akan hadir di 2018 akhir atau kemungkinan besar di awal 2019. Produk tersebut memiliki tujuan besar, dan kami tidak akan keluar dari segmen bisnis tersebut, generasi kedua ini adalah salah satu realisasinya,” ujar Schlicht.

Pada saat itu, kabar yang berhembus adalah 86 generasi kedua tidak akan lagi dikembangkan bersama dengan Subaru, dan bakal meggandeng Mazda. Saat ditanyakan, Schlicht masih enggan untuk membeberkan informasi secara pasti.

"Apakah akan dengan Subaru? Saya tidak tahu. Namun jika masih ingin mengusung konsep dengan bermesin rendah, kami masih harus melakukan itu. Ada banyak alasan untuk melanjutkan kerjasama dengan Subaru," ujar Schlicht.

Mesin boxer yang disematkan pada GT 86, merupakan kunci untuk mencapai pusat gravitasi rendah, di mana yang bakal diuntungkan adalah dinamika berkendara. Sementara Mazda (yang masuk dalam pertimbangan Toyota sebelum bekerjasama dengan Subaru) mendeklarasikan mesin rotary untuk model sportnya sudah dikubur. Jadi menyalakan kembali kemitraan dengan Subaru tampaknya menjadi hal yang logis untuk dilakukan oleh Toyota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com