Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Kota di Dunia yang Menolak Mobil Diesel

Kompas.com - 06/12/2016, 09:32 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Carscoops

Mexico City, KompasOtomotif – Empat kota besar, yakni Paris, Madrid, Athena, dan Mexico City telah setuju menyingkirkan kendaraan diesel pada 2025. Inilah bentuk penolakan paling signifikan yang pernah diberikan buat mesin diesel.

Para walikota dari keempat kota tersebut mengungkapkan rencana itu saat pertemuan walikota sedunia, C40 Mayors Summit, di Mexico City, pada 30 November – 2 Desember 2016. Kendaraan diesel yang masuk dalam larangan ini jenis mobil penumpang dan van.

Di C40 Mayors Summit 2016, 40 kota berdiskusi melawan perubahan iklim bumi. Menurut Helena Molin Valdes, kepala koalisi iklim dan udara bersih dari Perserikatan Bangsa-bangsa, jelaga dari kendaraan diesel adalah kontributor besar buat kesehatan buruk dan pemanasan global.

“Para walikota telah berdiri dan mengatakan perubahan iklim adalah tantangan terbesar yang kita hadapi,” ucap Walikota Paris Anne Hidalgo.

Sementara itu Walikota Mexico City Miguel Ángel Mancera mengatakan transportasi publik bisa membantu udara menjadi bersih dan mengurangi gas emisi rumah kaca.

Giorgos Kaminis, Walikota Athens, menjelaskan, tujuan besar kesepakatan ini agar tidak ada lagi kendaraan yang beredar di kota. Pihak berwenang di kota akan bekerja sama dengan pemerintah dan produsen kendaraan untuk menghasilkan kendaraan listrik dan alat transportasi yang ramah lingkungan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com