Empat Kota di Dunia yang Menolak Mobil Diesel

Kompas.com - 06/12/2016, 09:32 WIB
Akibat polusi udara yang sangat buruk  di kota Paris, Perancis, membuat ikon kota itu, Menara Eiffel tak bisa terlihat jelas. IndependentAkibat polusi udara yang sangat buruk di kota Paris, Perancis, membuat ikon kota itu, Menara Eiffel tak bisa terlihat jelas.
|
EditorAgung Kurniawan

Mexico City, KompasOtomotif – Empat kota besar, yakni Paris, Madrid, Athena, dan Mexico City telah setuju menyingkirkan kendaraan diesel pada 2025. Inilah bentuk penolakan paling signifikan yang pernah diberikan buat mesin diesel.

Para walikota dari keempat kota tersebut mengungkapkan rencana itu saat pertemuan walikota sedunia, C40 Mayors Summit, di Mexico City, pada 30 November – 2 Desember 2016. Kendaraan diesel yang masuk dalam larangan ini jenis mobil penumpang dan van.

Di C40 Mayors Summit 2016, 40 kota berdiskusi melawan perubahan iklim bumi. Menurut Helena Molin Valdes, kepala koalisi iklim dan udara bersih dari Perserikatan Bangsa-bangsa, jelaga dari kendaraan diesel adalah kontributor besar buat kesehatan buruk dan pemanasan global.

“Para walikota telah berdiri dan mengatakan perubahan iklim adalah tantangan terbesar yang kita hadapi,” ucap Walikota Paris Anne Hidalgo.

Sementara itu Walikota Mexico City Miguel Ángel Mancera mengatakan transportasi publik bisa membantu udara menjadi bersih dan mengurangi gas emisi rumah kaca.

Giorgos Kaminis, Walikota Athens, menjelaskan, tujuan besar kesepakatan ini agar tidak ada lagi kendaraan yang beredar di kota. Pihak berwenang di kota akan bekerja sama dengan pemerintah dan produsen kendaraan untuk menghasilkan kendaraan listrik dan alat transportasi yang ramah lingkungan. 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Carscoops
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X