Kompas.com - 03/12/2016, 08:21 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Bus double-decker berbahan bakar hidrogen yang sedang jadi pembicaraan dunia transportasi, bakal didatangkan ke London, Inggris. Sekarang, kota ini ditetapkan menjadi rumah pertama di dunia bagi bus zero emission tersebut.

Mengutip CNBCJumat (2/12/2016) Walikota London Sadiq Khan mengatakan, tidak akan ada lagi bus bermesin diesel untuk armada bus London di 2018. Mulai dari single-decker dan double decker, akan ramah lingkungan. Khusus bus double-decker akan diujicoba di jalan London pada 2017.

Sadiq Khan menambahkan, polusi udara adalah masalah yang semakin mendesak di London, di mana bus, taksi, truk, mobil dan sepeda motor, bersama dengan pengendara sepeda, memadati jalanan Kota.

"Saya ingin London untuk menjadi pemimpin dunia dalam hidrogen dan teknologi bus listrik. Saya juga akan mengambil langkah tegas untuk membersihkan London dari udara beracun," ujar Sadiq Khan yang ayahnya merupakan mantan sopir bus.

Polusi udara bukan hanya masalah London, tapi untuk Inggris secara keseluruhan. secara keseluruhan. Sebuah laporan awal tahun ini, sekitar 40.000 orang di negara tersebut mengalami kematian, terkait efek dari polusi udara di luar ruangan.

Laporan dari Royal College of Pediatri and Child Health dan Royal College of Physicians mengatakan, polusi udara telah dituduh menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker, asma, penyakit jantung dan diabetes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.