Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Hidrogen Pertama Dunia Beroperasi di London

Kompas.com - 03/12/2016, 08:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bus double-decker berbahan bakar hidrogen yang sedang jadi pembicaraan dunia transportasi, bakal didatangkan ke London, Inggris. Sekarang, kota ini ditetapkan menjadi rumah pertama di dunia bagi bus zero emission tersebut.

Mengutip CNBCJumat (2/12/2016) Walikota London Sadiq Khan mengatakan, tidak akan ada lagi bus bermesin diesel untuk armada bus London di 2018. Mulai dari single-decker dan double decker, akan ramah lingkungan. Khusus bus double-decker akan diujicoba di jalan London pada 2017.

Sadiq Khan menambahkan, polusi udara adalah masalah yang semakin mendesak di London, di mana bus, taksi, truk, mobil dan sepeda motor, bersama dengan pengendara sepeda, memadati jalanan Kota.

"Saya ingin London untuk menjadi pemimpin dunia dalam hidrogen dan teknologi bus listrik. Saya juga akan mengambil langkah tegas untuk membersihkan London dari udara beracun," ujar Sadiq Khan yang ayahnya merupakan mantan sopir bus.

Polusi udara bukan hanya masalah London, tapi untuk Inggris secara keseluruhan. secara keseluruhan. Sebuah laporan awal tahun ini, sekitar 40.000 orang di negara tersebut mengalami kematian, terkait efek dari polusi udara di luar ruangan.

Laporan dari Royal College of Pediatri and Child Health dan Royal College of Physicians mengatakan, polusi udara telah dituduh menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker, asma, penyakit jantung dan diabetes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com