Kompas.com - 02/12/2016, 10:32 WIB
EditorAgung Kurniawan


Beijing, KompasOtomotif
– Para konsumen mobil eksotis atau supercar dengan banderol 1,3 juta yuan (Rp 2,5 miliar) ke atas ada konsekuensi baru. Pemerintah China lewat Kementerian Keuangan mengumumkan kalau semua mobil dengan harga itu akan dikenakan pajak tambahan 10 persen, mulai Kamis (1/12/2016).

Kebijakan ini diambil untuk menyasar konsumsi mobil super premium, seperti Ferrari GT4Lusso, Bentley Bentagya, atau Aston Martin DB9. Selain itu, alasan lain adalah untuk mendorong konsumen China agar lebih rasional ketika membeli kendaraan, terutama terkait emisi dan lebih ramah lingkungan.

Beban pajak 10 persen ini, menjadi upaya tearkhir pemerintah China, terhadap besarnya belanja produk-produk premium oleh konsumen kaya.  

“Kenaikan pajak adah cermin upaya pemerintah menyuarakan pesan berhemat. Kenaikan pajak pada mobil mewah bisa membantu potongan pajak pada mobil kompak, sesuai dengan kebijakan pemerintah mempromosikan mobil dengan ekonomi bahan bakar lebih baik,” kata Cui Dongshu, Sekjen Asosiasi Kendaraan Penumpang China.

Para analis pasar menyatakan, kebijakan ini hanya akan membatasi dampak pada konsumen premium utama. Terlihat karena merek-merek seperti Mercedes-Benz, BMW, dan Audi masih mendominasi pasar mobil premium di China dan konsumen kaya tidak akan terhenti langkahnya hanya karena kenaikan pajak ringan, 10 persen.

“Secara keseluruhan bisnis kita tidak akan berpengaruh. Tetapi, karena ini baru saja diumumkan kemarin, kami masih mencoba mengavaluasi, dampak apa yang akan terjadi,” kata juru bicar BMW di China. Dia juga mengatakan, hanya sedikit model-model BMW yang punya banderol lebih dari 1,3 juta yuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Carscoops


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.