Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Toyota Sienta Dianggap Sesuai Harapan

Kompas.com - 01/12/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dipasarkan sejak Juli 2016 lalu, model multi purpose vehicle medium, Toyota Sienta, pencapaiannya dianggap sudah sesuai ekspektasi. Sampai Oktober 2016, penjualan Sienta mencapai 8.000 unit sampai 9.000 unit.

“Sampai saat ini jualan Sienta rata-rata sekitar 2.200 sampai 2.500 unit, dari sejak launching sudah sekitar 8.000-9.000 totalnya. Sejauh ini performanya masih sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing TAM, Rabu (30/11/2016).

Soerjopranoto menambahkan, pangsa pasar Sienta saat ini mencapai angka 7 sampai 8 persen, di mana jika digabung dengan prestasi Avanza, total market share-nya sampai 50 persen. “Itu sudah sangat bagus,” ucap Soerjopranoto.

Padahal, jika kembali mengingat ucapan Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran April lalu, Sienta ditargetkan terjual 3.500 unit per bulan. Namun, kenyataannya saat ini belum juga tercapai, hanya berkisar 2.000-an.

Setyo Adi Nugroho/KompasOtomotif Devita Mimi Alysa bersama Toyota Sienta

Baca juga : Target Jualan Sienta 3.500 Unit Per Bulan

“Memang target sebetulnya 3.500, tapi kembali lagi, kami tetap harus terus mengedukasi pasar kami di kelas MPV, terkait dengan Sienta. Karena mobil ini sliding door, dan kemewahannya lebih ke arah female,” ujar Soerjopranoto.

Sampai saat ini, kata Soerjopranoto, Toyota terus melakukan pendekatan dengan beberapa komunitas, seperti Komunitas Yoga, Zumba, sepeda, dan lainnya. “Kami lebih ke arah itu, karena itu Multi Activity Vehicle (MAV) bukan MPV lagi kelasnya. Jadi orang bisa melakukan apa saja dengan kendaraaan tersebut, karena luas bagian belakangnya, dan karena itu kami harus mengedukasi pasar. Tahun depan kami akan naikkan penjualan Sienta menjadi 2.500-an,” tutur Soerjopranoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com