Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Teknologi Masa Depan Kawasaki (Video)

Kompas.com - 25/11/2016, 16:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Produsen kendaraan roda dua asal Jepang, Kawasaki., mengumumkan kalau mereka sedang membangun teknologi artificial intelligence system (AI) pada motornya. Sistem tersebut memungkinkan tunggangan bisa berkomunikasi dengan si pengendara.

Mengutip Motorcycle.com, Jumat (25/11/2016), meski baru masuk tahap awal, Kawasaki sudah merilis video yang menggambarkan bagaimana teknologi itu bekerja. Memang seperti dalam film-film fiksi, tapi siapa sangka kalau ke depannya akan menjadi kenyataan.

Proyek yang disebut The "Rideology" AI ini berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi Softbank. Kawasaki mengatakan kalau AI yang ada pada sepeda motor, memiliki beberapa kepribadian dan akan belajar dari pengendara. Lalu membuat penyesuaian sesuai kemampuan dan preferensi biker.

Di dalam video digambarkan dengan jelas, bagaimana AI secara lisan berkomunikasi dengan pengendara, memberikan informasi tentang pola cuaca dan potensi bahaya. Teknologi ini juga bisa mendeteksi sinyal lalu lintas, dan kemudian menginstruksikan pengendara untuk melambatkan kendaraan.

Kawasaki mengatakan akan memberikan update lebih lanjut, terkait dengan progres proyek. Menarik untuk dinanti, bagaimana ini akan terealisasi pada sepeda motor. Sebelum Kawasaki, teknologi artificial ini sebelumnya sudah dikampanyekan oleh Toyota dan Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com