Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Fungsi Karpet Tambahan pada Mobil

Kompas.com - 23/11/2016, 15:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Produk aksesori karpet lantai tambahan kabin mobil punya banyak fungsi penting. Lebih dari sekadar menambah kenyamanan tetapi juga berguna untuk kesehatan sekaligus membantu meningkatkan harga kalau mobil mau dijual.

Sejak dibeli dari diler, karpet lantai termasuk perangkat bawaan. Fungsinya menampung kotoran yang jatuh ke bawah. Pada umumnya terbuat dari dua jenis yaitu material sintetis atau serabut.

“Kalau bicara fungsi, karpet lantai bawaan itu saat ketumpahan sesuatu, kotoran bisa tersimpan. Dampaknya lembab dan jadi bikin bau, nah karpet lantai tambahan fungsinya menjaga itu,” kata Edy dari rumah modifikasi interior Vertue Concept, Rabu (23/11/2016).

Karpet lantai tambahan diletakan di atas karpet lantai bawaan. Posisinya yang berada di atas melindungi, dengan begitu karpet lantai bawaan bisa lebih awet.

Cara ini juga jadi solusi buat pemilik mobil yang malas membersihkan karpet lantai bawaan. Kecenderungannya karpet lantai tambahan lebih mudah dibersihkan. 

Setyo Adi/Otomania Pengait karpet kendaraan membuat karpet tidak bergerak bebas saat kendaraan berjalan

Sama seperti produk asli, karpet lantai tambahan juga dilekatkan menutupi seluruh kabin lantai kabin. Mulai dari bagian bawah dasbor sampai bagasi.

“Misalnya ada karpet lantai tambahan, mobil dipakai 3 – 4 tahun lalu mau dijual, tinggal diangkat saja, karpet lantai bawaan masih bagus. Kan sekarang kalau mau nilai mobil apik atau tidak lihat dari kabinnya,” kata Edy. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com